Berita

Beasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor 2013

Di lihat 317 alazies

Siapa sih mahasiswa yang tidak senang dapat beasiswa? Ada perasaan bangga yang dimiliki mahasiswa ketika mendapat beasiswa. Terlebih beasiswa yang merupakan hasil dari kerja keras dalam kompetisi yang memerlukan perjuangan berat untuk meraihnya. Mendapatkan beasiswa, disamping akan meringankan beban orang tua, juga bisa dijadikan tambahan tulisan pada CV (curiculum vitae) kita yang bisa menambah nilai plus dari prestasi yang pernah diraih.

Saat ini peluang mendapatkan beasiswa terbilang cukup banyak, asalkan kita komitmen dan bersungguh-sungguh untuk meraihnya, hanya mereka yang berkomitmen besar yang akan mencurahkan fokus dan energinya untuk menemukan jalan menuju cita-cita yang diimpikan.

Kali ini redaksi akan menyoroti beasiswa yang ada di sekitar kita yang mungkin bisa kalian dapatkan dengan mudah. dan tidak perlu harus pindah domisili, Yaps, apa lagi kalo bukan Beasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor. Sebagaimana data yang kami himpun dari Biro Administrasi Umum dan Kemahasiswaan Universitas Ibn haldun Bogor setidaknya dikampus ini terdapat delapan beasiswa tetap yang tiap tahunnya mungkin akan selalu ada.

Diantaranya, ada beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), beasiswa Biaya Bantuan Mahasiswa (BBM), Beasiswa Indocement, Beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), beasisiwa Deartemen Agama (Depag), Beasiswa BPRS Amanah Ummah, Beasiswa Bank Rakyat Indonesia, Beasiswa PT PLN.

Dari ke delapan beasiswa ini, masing-masing memiliki persyaratan dan ketentuan yang berbeda pula, misalkan beasiswa PPA, dimana mahasiswa yang berprestasi dengan IPK diatas 3,00 lah yang bisa mendapatkannya, begitupula dengan beasiswa yang lainnya, berikut secara umum akan dipaparkan persyaratan untuk mendapatkan beasiswa tersebut:
 

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif dan dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  2. Transkrip nilai dengan IP minimal 3.30 (untuk Beasiswa PPA) 3,00 dan diperuntukan bagi mahasiswa semester 2 sampai semester 6 (untuk beasiswa selainnya).
  3. Surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa dari instansi lain (bermaterai Rp.6000.,-).
  4. Surat keterangan kelakuan baik dari fakultas
  5. Aktif dalam kegiatan kemahasiswaan (Unit Kegiatan Mahasiswa)
  6. Kondisi orang tua/wali kurang mampu secara ekonomi dengan dasar pertimbangan sebagai berikut : (a). Besarnya penghasilan orang tua/wali kurang labih Rp. 500.000/bulan  (b). Pekerjaan orang tua/wali antara lain sebagai berikut : 1. PNS/TNI/POLRI; 2. Pensiunan; 3. Veteran; 4. Buruh/Tani/Nelayan/Pedagang Kecil, serta status lainnya Hal ini dapat dibuktikan dengan focotopy kartu Keluarga dan Keterangan penghasilan orang tua/wali. (untuk Beasiswa BBM)
  7. Bersedia dilakukan seleksi.
  8. Bersedia mengiuti instruksi dan ketentuan-ketentuan persyaratan lainnya.


(sumber: surat edaran beasiswa Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan dan BAAK UIKA Bogor)

Berita Lainnya