Rektor UIKA, hadiri agenda penutupan mahasiswa KKN dan PLP Internasional di Thailand.

Riset dan Pengabdian

    • 256 Lihat

    di sela-sela aktivitas kunjungan kerja ke Thailand, Rektor Universitas Ibn Khaldun Bogor berkesempatan mengikuti  acara penutupan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) Internasional Thailand tahun 2023 di Haad Kaew Resort, Ching Kho, Singha Nakhon District, Songkhla, Thailand, Pada jumat (06/10/2023). 

    Bersama Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Inovasi dan pengembangan, Dr. Budi Susetyo, Ir., M.Sc., dan staf serta  9 pimpinan sekolah penerima mahasiswa KKN dan PPL yang berada di Provinsi Songkhla, ke 15 mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan  selama 5 bulan ini dilepas untuk kembali ke Indonesia.

    Kepala Sekolah Solihuddin School sekaligus koordinator program KKN Thailand, Dr. Husnee bin Hayeekhonoh, memberikan apresiasi baik kepada para mahasiswa, serta menyampaikan ucapan terimakasih kepada UIKA Bogor yang bersedia mengantarkan 15 mahasiswa untuk ditempatkan kepada 9 sekolah yang membutuhkan tenaga pendidik tambahan di Provinsi Songkhla. 

    “Kami sangat berterima kasih kepada Pak Rektor daripada UIKA Bogor yang sudah menghantarkan 15 mahasiswa istimewa selama 5 bulan untuk mengabdi di sekolah-sekolah yang ikut terlibat selama ini. 

    Kami bisa mengatakan bahwa sebanyak 15 mahasiswa ini lulus karena tidak banyak memberatkan sekolah dan terus berusaha memberikan yang terbaik” tuturnya dalam bahasa melayu. 

    Sementara itu, Rektor Universitas Ibn Khaldun Bogor, Prof. Dr. H. Endin Mujahidin, M. Si., yang menyampaikan bahwa kerja sama ini bukan kerja sama biasa.

    “Kita mengetahui bahwa muslim adalah umat yang luar biasa karena senantiasa selalu berusaha tolong menolong dalam hal kebaikan. 

    Walaupun kita bisa dikatakan berbeda wilayah atau negara tapi kita sesama umat Islam yang erat dengan budaya ketimuran positif dan baik. 
    Oleh karenanya, kerja sama yang terjalin selama ini walaupun sebelumnya terputus selama 3 tahun selanjutnya bisa kembali terus ditingkatkan”

    Pertemuan diakhiri dengan penyampaian kesan dari salah satu mahasiswa KKN Thailand yakni Ridho Syawaludin Pangestu yang juga mengucapkan terima kasih kepada setiap sekolah. 

    “Kurang lebih selama 5 bulan di sini banyak yang kami rasakan baik suka maupun duka sehingga kami dapat mengambil banyak pelajaran dari KKN dan PLP di sini. Oleh karena itu, diakhir kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan meminta maaf jika ada khilaf selama kami di sini” tutupnya dalam penyampaian kesan. 

    Sebelum acara penutupan mahasiswa KKN dan PLP Internasional Thailand Universitas Ibn Khaldun Bogor diakhiri, Buya Haji Abdul Halim Lateh Ketua Majelis Agama Islam Distrik Chana, Songkhla, Thailand sekaligus Pendiri Sasanabamrung (Solihuddin School) tak tertinggal menyampaikan ucapan terima kasih kepada UIKA Bogor. 

    “Kami menyampaikan maaf apabila terdapat kekurangan dalam penyambutan dan sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada kampus Universitas Ibn Khaldun Bogor yang hampir 10 tahun terus menjalin silaturahim dan banyak membantu umat Islam di sini, tentu saya berharap ke depan silaturahim ini terus semakin baik”.