UIKA Bogor Kembali Lepas 14 Mahasiswa untuk Lakukan Pengabdian Internasional ke Thailand

Riset dan Pengabdian

    • 286 Lihat

    Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor kembali melepas mahasiswa peserta KKN Internasional ke Thailand di Ruang Rapat Gedung Rektorat, Pada Rabu (15/10/2023). KKN Internasional Thailand Batch ke-2 ini diikuti sebanyak 14 mahasiswa yang akan ber-KKN hingga Selasa, 5 Maret 2024 nanti.

    Dr. Budi Susetyo, Ir., M.Sc., selaku Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Inovasi dan Pengembangan saat melepas ke 14 mahasiswa ini menjelaskan, bagi UIKA Bogor kegiatan KKN Internasional ini merupakan kegiatan yang membanggakan dan sudah rutin dilakukan sejak 2013 lalu, namun sempat terputus karena adanya pandemi Covid-19. "Setelah pandemi mereda, di tahun 2022 kami mulai secara intensif melanjutkan kegiatan KKN Internasional ini. Bahkan pihak dari Thailand sendiri yang meminta kepada UIKA Bogor untuk mengirimkan mahasiswa untuk ber-KKN setiap semester".

    "Berdasarkan pengalaman saat penjemputan mahasiswa yang KKN di Thailand pada batch sebelumnya, kegiatan KKN hampir sebagian besar hanya berfokus pada kegiatan belajar mengajar di sekolah atau pesantren saja. Untuk tahun ini kami berharap selain mengajar siswa, mohon untuk dijangkau juga masyarakat sekitar pondok pesantrennya, misalnya bagi mahasiswa yang berasal dari program studi Kesehatan masyarakat bisa memberikan penyuluhan-penyuluhan kesehatan kepada masyarakat disana", tambahnya.

    Budi berpesan kepada para mahasiswa yang akan berangkat ke Thailand tepat pada hari ini, untuk selalu bisa menjaga nama baik institusi. "UIKA Bogor sudah lumayan dikenal tepatnya di Songkhla, Thailand. Sudah banyak pihak yang terbantu dengan adanya program KKN ini. Jadi tolong dipertahankan untuk selalu memberikan kesan positif bagi UIKA Bogor".

    "Program KKN yang sudah berjalan selama ini juga sudah banyak menginspirasi perguruan tinggi lain termasuk perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia, dibuktikan dengan diundangnya Prof. Dr. Hj. Maemunah Sya'diyah, M.Ag., selaku wakil Rektor Bidang Akademik UIKA Bogor, untuk menjadi narasumber dalam menjelaskan bagaimana caranya program KKN yang sudah dijalankan bertahun-tahun oleh UIKA Bogor bisa terus berjalan dengan baik. Semoga program KKN baik skala Nasional dan Internasional yang dilaksanakan oleh UIKA dapat menjadi amal jariyah bagi kita semua", ucapnya.

    Senada dengan itu, Prof. Dr. H.E. Mujahidin, M.Si., selaku Rektor UIKA Bogor berharap agar mahasiswa dapat menerapkan standar-standar internasional pada dirinya masing-masing. "Mohon untuk selalu menjaga nama baik UIKA dari yang paling pokok yaitu sikap, menjaga waktu sholat, menjaga hubungan baik dengan orang lain disekitar, menjaga kerjasama tim, menjaga adab dalam makan dan minum, karena tentu itu semua akan menjaga kesan yang baik untuk UIKA Bogor".

    "Kegiatan ini merupakan sebuah pendewasaan untuk belajar setiap menghadapi masalah yang ada apalagi di negeri orang, dan tentu saja disana akan banyak yang mendukung seperti dosen-dosen pembimbing baik yang ada di UIKA maupun di Thailand", tutupnya.

    Kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan secara resmi oleh pimpinan UIKA Bogor untuk 14 peserta KKN Internasional Thailand Batch 2 Tahun 2023 dengan nama-nama berikut:

    • 01. Hikmatul Aliyah - Ekonomi Syari'ah
    • 02. Silvia Muflihah - Ekonomi Syari'ah
    • 03. M. Dhiya Haudaa Rizki - Ekonomi Syari'ah
    • 04. Azmi Mustopa - Ilmu Hukum
    • 05. Pinkan Aisyah Humairoh - Kesehatan Masyarakat
    • 06. Syakira Nuraini - Kesehatan Masyarakat
    • 07. Aulia Salwa Afiifah - Komunikasi dan Penyiaran Islam
    • 08. Muhamad Fachri Ramadhan - Pendidikan Agama Islam
    • 09. Agung Maulana Yusuf - Pendidikan Agama Islam
    • 10. Munadiyah El-Haq - Pendidikan Bahasa Inggris
    • 11. Muhammad Agung Riyanulloh - Pendidikan Bahasa Inggris
    • 12. Siti Latifatusa'diah - Pendidikan Bahasa Inggris
    • 13. Siti Wildatun Solihah - Pendidikan Luar Sekolah
    • 14. Munah Rahayu Hidayat - Pendidikan Luar Sekolah

     

    Sebagaimana diketahui, bahwa UIKA bogor setiap tahunnya selalu aktif mengirimkan mahasiswanya ke luar negeri untuk beraktivitas diluar kampus termasuk  menjalankan program KKN, ke Thailand sendiri, kampus ini telah menjalankan program KKN selama 10 tahun dari 2013, Selain Thailand, UIKA juga mengirimkan mahasiswanya ke berapa negara lain di dunia. (Humas/MJ).