UIKA Bogor Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Alam banjir dan tanah longsor Kabupaten Bogor.

Riset dan Pengabdian

    • 5232 Lihat

    Bencana banjir bandang dan longsor di Bogor, tak hanya meninggalkan kepedihan bagi para korban. Tapi, menjadi duka semua lapisan masyarakat. 

    Membantu meringankan beban sesama, UIKA Bogor melalui Unit pengumpul Zakat dan Mahasiswa Tanggap Bencana UIKA Bogor  kembali menyalurkan bantuan. hari ini (03/01).

    Tim dilepas langsung oleh Rektor, Dr. H.E, Bahruddin, M.Ag.,  untuk selanjutnya  rombongan langsung menuju posko bencana yang terletak di Kampung Banar, Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. 

    sesampainya dilokasi, Bantuan diberikan langsung oleh Wakil Rektor III, Dr. Hariansyah, M.T., beserta tim kepada pihak terkait, berupa paket sembako seperti beras, mi instan, minyak, gula pasir, hingga alas seperti karpet dan tikar serta pakaian layak pakai. 

    Hariansyah yang juga kooordinator UPZ UIKA menuturkan, sumbangan ini diberikan dari alokasi dana UPZ. 

    "Alhamdullilah untuk distribusi hari ini kita memberikan sumbangan berupa 300 Kilo Beras, 120 Liter minyak Goreng, 30 kilo Gula Pasir, 35 dus mie instan yang selebihnya kami juga menyumbangkan karpet untuk alas tidur serta pakaian layak pakai".

    ia menabahkan, selain sumbangan yang diberikan ini, sebelumnya di tanggal 2 kemarin, kamipun menurunkan tim tanggap becana yang disebar kebeberapa titik seperti jasingan, cigudeg dan nanggung, tim terdiri dari tim SAR mahasiwa pencinta alam Atmawana, KSR PMI, dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan, sudah terlebih dahulu datang kelokasi.

    Tim tersebut, lanjut Hari, Ditugaskan untuk melakukan assesment dilokasi bencana, melihat bagaimana lokasi dan mendata apa saja kebutuhan yang urgen untuk disiapkan dan dibantu segera, assesment ini dilakukan melalui koordinasi dengan BNPB dan pihak terkait di lokasi bencana agar bantuan yang disalurkan sesuai dengan kebutuhan dilapangan. 

    " Semoga sedikit bantuan yang kita sumbangkan ini bisa bermanfaat dan meringankan korban bencana yang ada di lokasi ini, dan insya Allah, kamipun masih terus melakukan penggalangan dana melalu UPZ, BEM, Pengurus- pengurus himpunan, UKM, Dll". 

    "Kedepan semoga kita juga bisa menjangkau beberapa lokasi lainnya di kota dan kabupaten Bogor, memberikan sumbangan tenaga, materil berupa makanan, pakaian, obat-obatan serta apapun yang dibutuhkan masyarakat, kami ingin UIKA Bogor hadir ditengah-tengah masyarakat yang membutuhkan, tukasnya". 

    Sebelumnya, hadir pula kelokasi bencana, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan  Islam Ibn Khaldun Bogor, H. Didi Hilman, S.H., M.H., beserta pengurus yayasan lainnya memberikan bantuan berupa sembako kepada korban bencana dilokasi yang sama.