Syarat dan Ketentuan Pendaftaran

Syarat Umum Pendaftaran dan Penerimaan  Mahasiswa Baru
Program Diploma (D3) dan Sarjana (S1) sebagai berikut :


1.    Persyaratan Umum (Reguler & Karyawan)

  1. Lulus Sekolah Menengah Atas / Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK/MA) atau yang setara. (tidak ada pembatasa Usia)
  2. Membeli Formulir Pendaftaran
  3. Melengkapi persyaratan yang diminta, antara lain:
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Warga Negara Asing (diatur kemudian secara keimigrasian) Passport, dokumen KITAS, Keterangan Ijin Belajar, Proses Penyetaraan Ijazah dan dokumen pendukung lainnya sesuai aturan.
  • Membeli dan mengisi formulir pendaftaran
  • Fotokopi Ijazah, Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah/Nasional
  • Fotokopi Transkrip/Daftar Nilai terakhir dari SMU/SMK/MA/ sederajat yang telah di legalisir dengan memperlihatkan aslinya.
  • Fhoto berwarna terbaru tampak depan (wajah) sesuai tahun lahir (genap ; Biru – Ganjil ; Merah) ukuran 3x4 dan 2x3.
  • Surat Ijin Studi/kuliah dari instansi (bagi yang sudah bekerja)
  •  Fotokopi Kartu Keluarga.
  1. Mengikuti dan Lulus Tes Seleksi.
  2. Tidak buta warna bagi pendaftar yang ingin masuk Program Studi  TEKNIK ELEKTRO,INFORMATIKA, TEKNIK MESIN, TEKNIK SIPIL, KOMUNIKASI PENYARAN ISLAM, TEKNOLOGI  PENDIDIKAN.
  3. MENGUASAI BAHASA ARAB (Lisan & Tulisan) untuk Mahsiswa Fakultas Agama Islam  (jika belum menguasai,  harus bersedia mendapatkan Pendidikan tambahan)
  4. Bebas dari pemakaian dan kecanduan obat terlarang / minuman keras (Pendaftar diwajibkan melengkapi surat pernyataan yang sudah disediakan pada saat daftar ulang).
  5. Bebas tindakan kriminal (Pendaftar diwajibkan melengkapi surat pernyataan yang sudah disediakan pada saat daftar ulang).
  6. Sanggup mentaati ketentuan-ketentuan yang berlaku di UIKA Bogor

 

2.    Persyaratan Khusus (bagi mahasiswa Pindahan dan melanjutkan)

  • Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai Diploma yang di legalisir bagi mahasiswa yang akan melanjutkan.
  • Fotokopi Transkrip Nilai dan Surat Keterangan Pindah dari Perguruan Tinggi Asal yang di tanda tangani dan berstempel basah secara sah serta ber kop surat perguruan tinggi.
  • Calon Mahasiswa baik pindahan maupun melanjutkan terdaftar namanya dengan Profil Mahasiswa dan riwayat kuliahnya di Pangkalan Data Kemenristekdikti dengan status sebagai berikut :
    • Mahasiswa Melanjutkan : Status Lulus (Diploma)
    • Mahasiswa Pindahan : Status Keluar/sudah tdk aktif atau dilakukan proses perpindahan oleh operator perguruan tinggi asal. 
  • Untuk yang pindahan dengan Program Studi Umum melampirkan Surat Keterangan Pindah dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta/Kopertis setempat (bagi PTS) dan untuk Program Studi Keagamaan surat keterangan dari Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) setempat
  • Khusus bagi program studi keagamaan yang namanya tidak terdaftar di Pangkalan Data Kemenristekdikti agar meminta surat keterangan dari Kopertais setempat.
  • Persyaratan lainnya disesuaikan dengan persyaratan reguler

 

Program Magister (S2) dan Doktor S3) sebagai berikut :
1.    Persyaratan :

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Membeli dan mengisi formulir pendaftaran
  • Fhoto berwarna terbaru tampak depan (wajah) sesuai tahun lahir (genap ; Biru – Ganjil ; Merah) ukuran 3x4, 3 lev mbar, 2x3, 3 lembar.
  •  Menyerakan rekomendasi dari pimpinan atau tokoh masyarakat yang memiliki kualifikasi untuk menilai kompetensi akademik calon mahasiswa.
  • Surat ijin studi/kuliah dari instansi (bagi yang masih bekerja)
  • Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai S1 bagi pendaftar program Magister dan sudah dilegalisir sebanyak 3 lembar dengan memperlihatkan aslinya ;
  • Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai S2 bagi pendaftar program Doktor dan sudah dilegalisir sebanyak 3 lembar dengan memperlitakan aslinya.
  • Untuk mahasiswa pindahan, calon Mahasiswa pindahan terdaftar namanya dengan Profil Mahasiswa dan riwayat kuliahnya di Pangkalan Data Kemenristekdikti dengan status sebagai berikut :
    • Mahasiswa Lulusan S1 : Status Lulus
    • Mahasiswa Pindahan : Status Keluar/sudah tdk aktif atau dilakukan proses perpindahan oleh operator perguruan tinggi asal.
    • Untuk yang pindahan dengan Program Studi Umum melampirkan Surat Keterangan Pindah dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta/Kopertis setempat (bagi PTS) dan untuk Program Studi Keagamaan surat keterangan dari Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) setempat.
    • Khusus bagi program studi keagamaan yang namanya tidak terdaftar di Pangkalan Data Kemenristekdikti agar meminta surat keterangan dari Kopertais setempat
       

 

Cek juga Informasi Penerimaan lainnya:

  1. Informasi Umum Penerimaan Mahasiswa Baru , Pindahan & Alih Jenjang
  2. Biaya Penerimaan Mahasiswa Baru , Pindahan & Alih Jenjang
  3. Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru , Pindahan & Alih Jenjang
  4. Daftar Online