1.705 Maba UIKA Jalani Taaruf dan Wawasan kebangsaan 2019

Info Kampus

    • 1738 Lihat

    Saya ucapkan “Selamat Datang dan Selamat Bergabung” ke dalam kampus tercinta kita, Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Universitas Islam tertua di Bogor, yang didirikan oleh para ulama dan tokoh Islam, di antaranya K.H. Sholeh Iskandar yang namanya diabadikan oleh pemerintah sebagai nama jalan di depan kampus kita. Sejarah orang-orang besar telah member pelajaran kesuksesan. Tidak ada keberhasilan yang dibayar dengan kerja santai dan sambilan.

    Saudara-saudara, warga baru UIKA,

    Setelah bergabung ke dalam sivitas akademika UIKA, saudara-saudara juga dituntut mengaplikasikan nilai-nilai ajaran agama Islam dalam kehidupan keseharian baik di kampus maupun di luar kampus. UIKA adalah kampus berlabel Islam yang menetapkan motto IMAN, ILMU, AMAL dalam segala aktivitasnya. Iman sebagai fondasi utama dalam melakukan segala aktivitas kehidupan, Ilmu merupakan alat serta pedoman untuk mengarungi pernak-pernik kehidupan tersebut dan Amal adalah implementasi dari keberimanan dan keberilmuan kita. Iman tanpa ilmu adalah iman yang hampa. Ilmu tanpa iman adalah ilmu yang destruktif, Ilmu tanpa Amal adalah sia-sia.

    Dan Amal tanpa Ilmu adalah amal yang kosong. Karena itu mulai hari ini sesuaikanlah ucapan, perbuatan, pola pikir, sikap dan tindak-tanduk saudara sesuai ajaran luhur agama kita, Al-Islam. Budayakan saling member salam bila bertemu, kenakan busana Islami, jauhi perbuatan dan kebiasan sia-sia tanpa makna  dan membuang-buang waktu untuk sesuatu yang tidak produktif.

    Dalam upaya meningkatkan proses dan hasil Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. UIKA telah melakukan berbagai kegiatan yang sangat menunjang tercapainya tujuan yang diharapkan, di antaranya dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik secara regional, nasional maupun internasional.

    Peningkatan SDM yang akan menghasilkan daya saing di mata dunia memerlukan pemikiran yang serius dan terencana. Saudara-saudara diharapkan ikut mengambil peran dalam upaya itu. Pertama-tama, tekuni dengan serius bidang disiplin ilmu yang menjadi pilihan saudara sehingga saudara benar-benar pakar di bidang itu. Kedua, lengkapi kegiatan belajar saudara dengan banyak membaca di perpustakaan, karena sistem perkuliahan tidak akan menghasilkan output yang baik tanpa ditunjang dengan ketekunan membaca. Ketiga, lengkapi daya nalar saudara dengan keterampilan berorganisasi. Keempat, pengembangan nalar harus disertai dengan upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

    Alhamdulillah pada Tahun Akademik 2014/2015, UIKA Bogor sudah menerapkan Sistem Informasi Akademik dan Keuangan (SIAK) yang akan mempermudah setiap sivitas akademika UIKA Bogor khususnya para mahasiswa untuk mengakses data akademik baik IP atau IPK, Transkrip NIlai, Jadwal Kuliah dan lain-lain, serta dapat mengetahui kondisi keuangan perkuliahan. Di mana SIAK dapat diakses dimana saja, kapan saja melalui gadget yang ada di genggaman Anda.

    Kami menyadari sistem ini masih dalam tahap implementasi, peningkatan serta perbaikan sehingga masih membutuhkan masukan dan koreksi dari semua pihak demi kesempurnaan sistem ini.

    Dalam rangka menampung bakat, minat dan kegemaran para mahasiwa di UIKA terdapat organisasi intra seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), baik di tingkat Universitas maupun Fakultas. Majelis Permusyawaratan Mahasiwa (MPM) dan Desan Perwakilan Mahasiswa (DPM). Ada juga Unit-unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bela diri seperti Tae Kwon Do, Boxer, dan Merpati Putih, Paduan Suara, Pecinta Alam (Atmawana), Resimen Mahasiswa, Koperasi Mahasiswa, Korps Sukarela (KSR) Lembaga Da wah Kampus (LDK), Commit, Pawon, MAV-Net, Futsal, Basket, Bulutangkis, Persatuan Sepak Bola, Bola Basket Bintang Muda, Teater Pawon, Commit, dan Pramuka semua organisasi menanti saudara-saudara sebagai kader-kader baru yang dapat menjadi darah segar bagi vitalisasi mereka.

    Akhirnya sekali lagi kami mengucapkan selamat datang, selamat berjuang dan selamat menempuh studi di kampus UIKA.

     

    Dr. H. E. Bahruddin, M.Ag.

    Rektor UIKA Bogor