13 Mahasiswa UIKA Bogor Lolos PKM Kemendikbud Ristek 2024

Info Kampus

    • 282 Lihat

    Tiga kelompok mahasiswa Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor berhasil lolos mendapatkan pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024.

    PKM merupakan program yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI untuk meningkatkan mutu dan kualitas mahasiswa.

    Staf Ahli Rektor Bidang Kemahasiswaan Eska Perdana Prasetya, M.Pd., mengatakan tiga kelompok mahasiswa yang lolos berasal dari tiga prodi yang berbeda.

    “Alhamdulillah UIKA dapat tiga kelompok. Kelompok pertama di skema PKM Riset Sosial Humaniora (RSH) dari Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) adalah Syarifah Salwaa (BKPI/Ketua Kelompok), Andika Putra Pratama Fauzi (BKPI/Anggota), Noor Aini Yasmin (BKPI/Anggota) dan Siti Maria Huaida (BKPI/Anggota) dengan judul PKM "Pemanfaatan Awareness Line Media Digital Layanan BK Preventif dalam Mencegah Perilaku Perundungan dan Tawuran pada Siswa SMP", kata Eska.

    Setelah itu, lanjut Eska, di skema PKM Riset Eksakta (RE) adalah Nisa Hanif dari Program Studi Teknik Sipil (TS/Ketua kelompok), Nurul Hidayanny Lokobal (TS/Anggota), Muhammad Ihwan Setia Nugraha (TS/Anggota), Prima Yuda (TS/Anggota), dan Shelina Yulianti (ESY/Anggota) dengan judul PKM “Model Penanganan Abrasi Pantai Sebagai Upaya Peningkatan Blue Economy Masyarakat Tanjung Kait”.

    “Terakhir kelompok PKM Riset Eksakta (RE) adalah Cikal Firdansyah Ramadhan dari Program Studi Teknik Informatika (TI) sebagai Ketua kelompok, Hanifah Nabila (TI/Anggota), Amrus Salam   (TS/Anggota) dan Muhamad Fahri Rizki Maulana (TS/Anggota) dengan judul PKM “Optimasi Rute Angkutan Kota Bogor Berbasis Artificial Intelligence (Studi Kasus: Kota Bogor)'", jelasnya.

    Eska berharap ke-13 mahasiswa UIKA Bogor yang lolos pendanaan nantinya bisa lanjut ke jenjang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

    Pasalnya, para mahasiswa akan dihadapkan uji kompetensi yang memperlihatkan kemampuan para mahasiswa mengartikulasikan dan menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan dan mempresentasikan di depan tim penilai.

    UIKA Bogor senantiasa mendorong para mahasiswa untuk berpartisipasi di ajang PKM setiap tahunnya. (Humas/Ne2)