3 Pesan utama Kepala LLDIKTI IV Kepada Wisudawan UIKA Bogor Ke-76

Info Kampus

    • 417 Lihat

    Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU. berkesempatan  menghadiri Wisuda Universitas Ibn Khaldun Bogor yang diselenggarakan di Grand Ballroom Puri Begawan Kota Bogor pada Rabu, 12/07/2023.

    Dalam sambutannya beliau menyampaikan pesan kepada 495 wisudawan  yang akan dilantik, beliau menghimbau kepada para mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kehidupan nyata di masyarakat, agar siap menghadapinya, beliau menitipkan 3 pesan utama diantaranya.

    Pertama, jangan pernah berhenti belajar serta terus tingkatkan inovasi dan kreatifitas diri, menurutnya, Ini sangat penting untuk menghadapi dunia persaingan yang semakin cepat perkembangannya. "Hanya orang-orang yang mau terus belajar dan memiliki kreatifitas serta inovasi yang tinggilah yang akan bisa memberikan kontribusi banyak kepada masyarakat".

    Kedua,  beliau menyampaikan, tidak ada satu kesuksesan tanpa diiringi kerja keras, hanya orang yang mau bekerja keras yang akan mendapat hasil yang lebih "Man Jadda Wajada" siapa yang akan bersungguh-sungguh akan memanen hasilnya.

    Pesan ketiga adalah, "mengingat kalian merupakan lulusan Universitas Ibn Khaldun Bogor, merupakan kampus yang masyhur di masyarakat sebagai kampus yang mengedepankan nilai-nilai etika dan menjunjung tinggi serta terus membangun karakter yang islami, maka pesan saya jangan pernah berjalan  ditengah-tengah masyarakat tanpa akhlak yang mulia, jadilah pribadi yang santun dalam berkata dan berbuat, selalu rendah hati, mau mendengar masukan, saran atau bahkan kritikan dari siapapun, dan yang terpenting ciri dari orang yang memiliki karakter akhlak mulia adalah ia selalu menghormati kedua orang tua. Selepas anda diwisuda saya titip, orang yang pertama kali anda cium tangannya adalah orang tua anda". 

    sementara itu ia juga menyampaikan, kehadirannya pada momen bahagia ini, menurunya ia sedang menjalankan dua misi, misi pertama apresiasi atas pencapaian kampus dan mahasiswanya dan yang kedua bagian untuk terus memberikan pendampingan kepada kampus agar terus memberikan pelayanan sesuai standar nasional perguruan tinggi.  


    "Alhamdulillah, kampus ini (Universitas Ibn Khaldun Bogor) merupakan salah satu kampus kebanggaan di DIKTI Wilayah IV". Menurut pandangannya, UIKA Bogor, adalah kampus yang selalu mengedepankan akhlakul karimah kepada mahasiswa dan lulusannya. 

    "Saya mengapresiasi UIKA Bogor atas laporan di pangkalan data Pendidikan Tinggi yang telah 100% dan seluruh wisudawan yang diwisuda hari ini semuanya telah mendapatkan penomoran ijazah secara Nasional. Ini tentu kebahagiaan bagi lulusan dan ketika sudah menggunakan penomoran Nasional maka nanti untuk melakukan pengecekan ijazah cukup dilakukan secara online menggunakan aplikasi Sivil. Ini upaya pemerintah untuk memberikan kepastian kepada masyarakat untuk mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas", termasuk seluruh prodi di UIKA statusnya telah terakreditasi, ucap Dr. Samsuri.

    Apresiasi lainnya yang beliau sampaikan, bahwa seluruh dokumen penjaminan mutu internal, indeks sinta dan tracer study di UIKA Bogor berjalan dengan baik, harapannya ini akan terus ditingkatkan. Selanjutnya UIKA Bogor dalam tata kelolanya merupakan perguruan tinggi taat asas dan khusus untuk pengelolaan Beasiswa yang merupakan anggaran dari negara yaitu KIP Kuliah dikelola sangat baik dengan diperolehnya gold winner dalam penghargaan LLDIKTI. Ini sangat penting karena ini menunjukkan dimana kampus ini pengelolaan beasiswanya sangat amanah, penerima beasiswa tidak dipotong, hak mahasiswa diberikan. (Humas/Pdu)