thumb
  • AL
  • 0 Komentar
  • 573 Melihat
  • 0 Suka

Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor dalam rangka implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kembali berpartisipasi dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 4 yang di gagas Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Berdasarkan Surat Pelaksana Tugas Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbud Ristek Nomor 4472/E2.1/DT.01.02/2022 tentang Pemberitahuan Daftar Peserta Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022, sebanyak 14 Dosen dan 41 Mahasiswa UIKA Bogor dinyatakan lolos Program Kampus Mengajar Angkatan 4 dari total 2.876 dosen pembimbing lapangan dan 14.439 mahasiswa peserta program Kampus Mengajar dari perguruan tinggi di seluruh wilayah Indonesia yang lolos.

Saat dikonfirmasi, Amran, S.Pd., M.Pd. selaku PIC Kampus Mengajar 4 di UIKA Bogor menyampaikan bahwa peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 4 akan mulai bertugas di Sekolah baik Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) di penempatan masing-masing terhitung pada tanggal 1 Agustus 2022 hingga 2 Desember 2022.

Lebih lanjut, Amran menerangkan para mahasiswa tersebut akan bertugas sebagai mitra guru dalam membantu proses belajar mengajar serta membentuk strategi pembelajaran yang berfokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah sasaran. Setelah bertugas selama satu semester, mahasiswa akan mendapatkan pengakuan hasil belajar yang dikonversi ke dalam sistem satuan kredit semester (SKS) hingga 20 SKS.

Sementara, Amran menjelaskan tugas dosen yang menjadi dosen pembimbingan lapangan nantinya diharuskan melakukan komunikasi dengan pihak terkait, seperti Komunikasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, komunikasi dengan sekolah yang dituju, memberikan bimbingan laporan awal, respon logbook harian mahasiswa, respon laporan mingguan mahasiswa, bimbingan dan persetujuan laporan akhir, dan melakukan tahap penilaian.

Kampus Mengajar adalah sebuah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama 1 (satu) semester untuk membantu para guru dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Melalui program ini, mahasiswa bisa membaktikan ilmu, keterampilan, serta menginspirasi para murid sekolah dasar dan menengah tersebut untuk memperluas cita-cita dan wawasan mereka.

Adapun 14 Dosen dan 41 Mahasiswa yang lolos Program Kampus Mengajar Angkatan 4 adalah nama-nama sebagai berikut :


(humas/al)


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor