70% Mahasiswa UIKA Angkatan 2022/2023 Lulus Bimbingan Baca Tulis Quran

Info Kampus

    • 389 Lihat

    Sebanyak 843 Mahasiswa angkatan 2022/2023 dinyatakan lulus mengikuti Bimbingan Baca Tulis Quran (B2QI) yang diselengarakan oleh Unit Mata Kuliah Umum (MKU).

    Hal ini disampaikan Nirwan Syafrin, Ph.D., selaku Ketua MKU saat penyampaian laporan Program MKU pada penutupan kegiatan B2QI yang dihadiri oleh para pimpinan universitas, para dosen studi Islam (STI) serta para tutor yang terlibat, di Auditorium Prof. Abdullah Siddiq, SH., Kampus UIKA pada hari Kamis (9/2/2023).

    Nirwan menuturkan dari total 843 yang mengikuti program, sebanyak 748 mahasiswa telah mendapat rekomendasi kelulusan dan berhak mendapatkan sertifikat, serta 113 mahasiswa dinyatakan belum lulus dan harus mengulang di tahun mendatang.

    Selain diajarkan baca tulis quran, menurutnya, para peserta juga mendapatkan pemahaman terkait hal-hal yang wajib mereka fahami sebagai muslim, meliputi pembelajaran Aqidah, Akhlak dan Ibadah, mereka diajarkan taharah (bersuci), rukun-rukun ibadah, dan hal-hal lainnya dalam menjalankan agama.

    Dalam pelaksanaannya, menurut Dosen Fakultas Agama Islam ini, MKU telah menerjunkan 80 tutor dari para mahasiswa terpilih yang telah diberikan pembinaan  untuk mendampingi dosen STI dalam rangka mensukseskan kegiatan tersebut.

    Taklupa diakhir pemaparan laporannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada para dosen, dan terkhusus para tutor  yang telah berkontribusi dan mengabdikan dirinya untuk membimbing sesama mahasiswa lainnya yang belum lancar dan fasih membaca dan menulis alqurannya, seraya berharap agar tahun depan mereka dapat berkontribusi kembali.

    Selain pemaparan laporan, penutupan B2QI ini juga  dihadiri oleh Ketua Senat UIKA Bogor, Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS., Wakil Rektor Akademik Dr. Hj. Maemunah Sa’diyah, M.Ag., dan para undangan dari pimpinan Fakultas serta perwakilan dari beberapa tutor dari kalangan mahasiswa.

    Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS. dalam kegiatan juga memberikan nasehat dan taujihad kepada para tutor yang telah selesai melaksanakan B2QI di semester ini. Kegiatan ditutup dengan pembagian sertifikat untuk para tutor dan doa yang disampaikan oleh sekretaris MKU Dr. Samsul Basri, M.E.I. (Humas/Pdu)