88 Lulusan PPG UIKA Bogor Jalani Sumpah Profesi DalJab K1

Info Fakultas

    • 116 Lihat

    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menggelar Sumpah Profesi dan Penyerahan Sertifikat Pendidik kepada lulusan Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (DalJab) Kategori 1 (K1) Angkatan 3 tahun 2023 di Auditorium Prof. Abdullah Sidiq, Kampus UIKA Bogor, Senin (10/6/2024).

    Koordinator Regulasi Kebijakan dan Penjamin Mutu PPG Dr. sigit wibowo, Mpd., dalam sambutannya mewakili Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menyampaikan selamat atas dilantiknya para guru hari ini, beliau menyampaikan bahwa selepas dilantik ini insyaAllah hak dan kewajiban Bapak/Ibu guru akan menyesuaikan.

    "Saya menyampaikan selamat kepada Bapak/Ibu dan selamat juga kepada UIKA Bogor yang telah mengantarkan dan mengurangi guru dalam jabatan yang saat ini jumlahnya masih mencapai 1.598.889 yang belum tersertifikasi, dan hari ini kita menyaksikan bersama, Bapak/Ibu jadi pengurang dari total jumlah yang tadi".

    Namun demikian, menurutnya, Pekerjaan Rumah Kemendikbud Ristekdikti masih cukup banyak, karena sesuai jumlah yang disampaikan (guru yang belum tersertifikasi) masih cukup banyak, sementara jumlah Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ada di Indonesia hanya berjumlah 132, termasuk UIKA. jelasnya.

    Sementara itu Aroh Damaroh, salah satu perwakilan peserta PPG mengaku terharu atas capaian yang saat ini ia raih, ia menyampaikan terima kasih kepada UIKA Bogor dan seluruh dosen serta para guru pamong, yang telah membimbing dan mengantarkannya meraih gelar yang ia nantikan selama 19 tahun. 

    "Kita semua telah menanti hari-hari ini, detik-detik ini dengan penantian cukup panjang, saya pribadi menanti ini selama 19 tahun lamanya, dan itu tidak mudah, dibalik ini semua ada seorang sosok yang selalu menantikan saya untuk mendapatkan gelar ini, beliau adalah almarhum bapak saya, yang meninggal sebelum saya menerima SK. terang Aroh dengan penuh haru. 

    Aroh berpesan kepada adik-adik kelas angkatannya nanti agar tidak mudah mengeluh, menurutnya angkatan saat ini, semuanya telah dipermudah dibanding angkatan ASN pertama sepertinya. 

    Ketua Program Studi (Kaprodi) PPG Bahasa Inggris UIKA sekaligus Koordinator Sumpah Profesi dan Sertifikat PPG 2023, Dr. Yani Awalia Indah, M.Pd., mengatakan pada angkatan ke 3 ini UIKA melantik sekaligus mengangkat sumpah profesi guru sebanyak 88.

    “Alhamdulillah di tahun ini bervariasi, tahun kemarin hanya Jabodetabek. Namun, saat ini ada yang dari Cianjur ujung hingga Kepri (Kepulauan Riau). Adapun usia mahasiswa PPG tertua itu di atas 55 tahun,” kata Dr. Yani.

    Dr. Yani menyebut proses pembelajaran PPG ini dilaksanakan secara online selama kurang lebih 57 hari mulai dari 16 November 2023 sampai 5 Februari 2024.

    “Jadi, proses pembelajarannya tersebut yang dilakukan secara online. Alhamdulillah hari ini bisa bertemu secara offline, sebanyak 88 mahasiswa lulus dan menyatakan sumpah profesi sebagai guru profesional dan mendapatkan sertifikat pendidik,” paparnya.

    Tak hanya itu Dr. Yani juga menegaskan sumpah profesi dan penyerahan sertifikat ini nantinya para guru profesional bisa mendapatkan haknya untuk mendapatkan tunjangan profesi dari pemerintah. (Humas/Ne2).