thumb
  • TR
  • 0 Komentar
  • 312 Melihat
  • 0 Suka

Kali ini Dr. Indry Nirma Yunizul Pesha,S.Pd.I., M.Pd., Dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor resmi memperoleh gelar doktor dari Program Pascasarjana (PPs) Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati (UIN-SGD) Bandung pada Senin (21/11/2022).

Indry merupakan dosen ke-31 FAI UIKA Bogor yang berhasil memperoleh gelar tersebut setelah menamatkan sidang terbuka promosi doktor yang dilangsungkan secara offline di Ruang Aula Selatan Gedung Pascasarjana UIN SGD Bandung dengan judul disertasi "Implementasi Metode Tahfizh Al-Qur`an Tasmi dan Talaqqi` Untuk Meningkatkan Kemampuan menghafal Al-Qur`an (Penelitian di MTs Al-Qur`an Al Falah Cicalengka Bandung dan SMP Islam Cendekia Boarding School Cianjur)".

Setelah mempertahankan disertasinya di depan para tim penguji, Prof. Dr. H. Supiana, M.Ag., CSEE., Direktur Pascasarjana UIN SGD sebagai sekretaris sidang menyampaikan bahwa Indry telah berhasil mempertahankan penelitiannya dan memperoleh gelar doktor dengan yudisium sangat memuaskan.

Dr. Indry menyampaikan, hal yang melatarbelakangi beliau mengambil topik mengenai metode tahfizh Al-Qur'an, karena pentingnya menghafal Al-Qur`an bagi seorang muslim, menghafal Al-Qur`an dengan cepat diperlukan metode Tahfizh Al-Qur`an yang tepat, oleh karena itu, metode menghafal Al-Qur`an berperan penting dalam proses menghafal Al-Qur`an.

"Implementasi Metode Tahfizh Al-Qur’an Tasmi` dan Talaqqi` sebagai upaya cepat dalam meningkatkan kemampuan menghafal dan meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an." Ungkap beliau

Beliau menambahkan, "penelitian bermula dari Alfatihah yang merupakan rukun sholat, sehingga menjadi judul implementasi metode tasmi` dan talaqqi`, kemudian penawaran gagasannya muncul ide metode wahshol yaitu menghafal rukun shalat sehingga menjadi wahsol 1-12 ayat setelah sholat, metode wahshol solusi dari semua metode tahfizh Al-Qur`an di lokasi penelitian"

Prof. Dr. H.E. Mujahidin, M.Si. selaku rektor UIKA Bogor menyampaikan ucapan selamat dan apresiasinya atas capaian akademik yang telah diraih.

"Barakallah untuk bu Dr. Indry atas pencapaian gelar tertinggi dalam bidang akademik. Semoga ilmu yang diperoleh membawa berkah dan bisa membawa kemaslahatan bagi umat."

Pencapaian gelar akademik ini tentu semakin memperkuat basis SDM PAI UIKA Bogor yang saat ini sudah menyandang akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).(humas/Try)

 


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor