Bahas Pengembangan Sistem dan Pelaporan, UIKA Bogor Gelar Workshop Bagian Akademik

Info Akademik

    • 239 Lihat

    Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor sukses menggelar Workshop Bidang Akademik UIKA di Ruang Conference, lantai 3 Masjid Ibn Khaldun UIKA, Rabu (24/4/2024).

    Workshop tersebut dihadiri oleh Rektor UIKA, para Wakil Rektor UIKA,  para Wakil Dekan, Wakil direktur, kepala biro, kepala bagian serta para staf bagian akademik di lingkungan UIKA Bogor.

    Rektor UIKA Bogor, Prof. Dr. H.E. Mujahidin, M.Si., berkesempatan memberikan arahan kepada para peserta.

    Beliau menekankan tentang pentingnya bagi UIKA, mendapatkan laporan kinerja akademik setiap bulannya sebagai bagian controling mutu dari berbagai program akademik yang telah dijalankan.

    "Jika kita ingin meraih akreditasi unggul, maka yang harus kita lakukan adalah memperlihatkan kinerja yang unggul juga, tapi saya yakin melihat potensi kita serta semangat dari rekan-rekan, optimis tahun ini kita bisa meraih akreditasi Unggul. Amiin." Ujar rektor memberikan semangat untuk seluruh peserta.  

    Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi yang diberikan oleh Kepala (KA) Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) UIKA dan Ketua tim pengembangan sistem UIKA Bogor.

    KA Biro BAAK UIKA, Muhamad Muchlis, M.Pd.,  dalam materinya lebih menekankan pada penjelasan terkait sistem dan skema pelaporan PDDikti yang selama ini telah berjalan.

    "Kita berharap, dengan kegiatan ini, kita semua semakin memiliki komitmen untuk memberikan layanan akademik yang unggul, selain penyelenggaraan aktivitas akademik, kita dituntut juga untuk memberikan pelaporan tepat waktu sebagaimana tadi disampaikan oleh pak Rektor, jangan sampai telat melaporkan, sesuai dengan kalender akademik, kemudian sesuai dengan rules (aturan) yang sudah digariskan LLDIKTI Kementerian,” ujar Muchlis.

    Akan tetapi, lanjut Muchlis, dilapangan, untuk menjalankan hal tersebut, tentunya tidak semudah seperti apa yang diharapkan, banyak hal-hal yang menjadi kendala, dan hari ini kita diskusikan bersama agar memperoleh solusi. jelasnya.  

    Sementara itu, Fitrah Satrya Fajar Kusumah, M.Kom., lebih menekankan pada pengenalan sistem baru yang sedang digarap oleh timnya.

    "Beberapa keluhan dan pertanyaan bapak/Ibu terhadap sistem, insyaAllah bisa kita tuntaskan, saat ini kita sedang merancang sistem yang friendly, yang semoga minat mahasiswa untuk mengaksesnya juga tinggi, dan paa operator serta petugasnya juga akan mudah untuk mengaksesnya.".

    Diakhir, para peserta workshop diberikan pengenalan dan penjelasan tentang aplikasi yang sedang di develop dan diakhiri dengan sesi tanya jawab sekaligus arahan serta closing oleh wakil rektor bidang Akademik, Prof. Dr. Maemunah Syadiah, M.Ag. (Humas/Ne2)