Bahas Trend Terkini dalam Pemrograman, HIMATEKINFO Gelar Seminar IT

Info Kampus

    • 144 Lihat

    Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATEKINFO) Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor gelar kegiatan Seminar IT 2023 di Auditorium Prof. Abdullah Siddik, S.H. pada Sabtu (11/09/2023).

    Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian agenda Gebyar IT 2023 yang dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan seperti praktisi IT, Dosen, Mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum, dari berbagai wilayah di Indonesia. 

    "Seminar dengan tema Menuju Kemajuan Digital dengan Inovasi dan Tren Terkini dalam Pemograman ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan semangat belajar bagi para peserta dan memberikan gambaran serta wawasan berkarir di bidang IT", ucap Mizan Zamzami Mubarok selaku Ketua Pelaksana.

    Fitrah Satrya Fajar Kusumah, S.Kom., M.Kom., selaku Kepala Program Studi Teknik Informatika FTS UIKA Bogor menjelaskan, di masa sekarang IT sangat dibutuhkan pada semua aktivitas di kehidupan ini. "IT merupakan sebuah ranah teknologi yang perkembangannya sangat berbeda dengan teknologi yang lain. Keluasan ilmu IT tidak dapat diserap pada seminar yang hanya 1 hari ini saja".

    "Oleh karenanya, poin utama seminar ini adalah kita harus belajar bagaimana para pemateri yang ada disini bisa berada diposisi mereka seperti sekarang, apa strategi supaya bisa terjun dan bertahan di dunia IT selama ini. Saya berharap seluruh pemateri hari ini dapat memberikan pelajaran yang berharga dan bermanfaat untuk kita semua baik di dunia maupun akhirat", tambahnya.

    R. Sandika Galih Amalga, S.T., M.T., selaku pemateri yang merupakan  dosen di Universitas Pasundan sekaligus content creator dalam bidang ilmu pemrograman menyebutkan, seorang programer atau talenta digital lainnya sekarang bukan harus mencari pekerjaan, melainkan dicari di dunia kerja.

    "Selain harus memiliki hardskill dan softskill, kita harus memiliki ciri khas supaya dicari di dunia kerja. Beberapa hal yang bisa membedakan diri kita dengan program lainnya yaitu dengan online presence dan personal branding, yaitu membangun eksistensi diri kita di internet atau media digital lainnya seperti membuat personal website, konten video, podcast, blogging dan sebagainya sehingga dapat membentuk persepsi seseorang terhadap diri kita".

    Kegiatan juga diisi dengan agenda sharing session oleh para alumni yang saat ini sudah bekerja baik di instansi negeri maupun swasta, yaitu oleh Febby Oktaviani, S.T., Riyan Saputra Iwan S.T., Abdullah Mujib Sumantri, dilanjutkan dengan kegiatan lomba cerdas cermat untuk ajang SMA/SMK/Sederajat. (Humas/MJ).