thumb
  • MJ
  • 0 Komentar
  • 354 Melihat
  • 0 Suka

UIKA Press bekerjasama dengan Institut Penulis Indonesia (IPI) Jakarta selenggarakan kegiatan bertajuk Pelatihan Satu Hari: Penyuntingan (Editor) Naskah Buku, Sabtu (29/10/2022) di Ruang Rapat Gedung Rektorat Lt.3 Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor.

Diikuti sebanyak 37 peserta, acara ini dibuka dengan sambutan dari Dr. Budi Susetyo, Ir., M.Sc., selaku Wakil Rektor Bidang Kerjasama Inovasi dan Pengembangan, yang memaparkan bahwa menulis buku merupakan sebuah tantangan bagi kita untuk sama-sama berkarya. Dengan adanya pelatihan ini akan membuat kita semakin produktif, yang ditunjukan dengan kuantitas karyanya. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada para partisipan yang sudah hadir dalam pelatihan tersebut. Karena karya seyogyanya merupakan amal jariyah kita, yang jika semakin banyak yang membaca  atau memanfaatkannya, maka semakin banyaknya pula pahala bagi kita. Ucapan serupa juga ditujukan kepada Direktur IPI karena sudah mau bekerja sama dengan UIKA Press demi terselenggaranya pelatihan ini.

Materi pertama disampaikan oleh Dr. H. Abdu Rahmat Rosyadi, S.H., M.H., selaku pengelola UIKA Press sekaligus Sekretaris Rektor UIKA Bogor, yang menjelaskan bahwa dalam pelatihan kali ini para peserta yang hadir akan lebih ditekankan untuk dilatih tentang bagaimana metode penulisan buku yang sesuai dengan standar DIKTI. Sehingga ketika seorang penulis mengajukan karyanya ke penerbit, maka proses penyuntingannya akan lebih cepat.

Selanjutnya materi diberikan oleh Bambang Trimansyah, selaku Direktur IPI yang sudah menulis lebih 135 judul buku. Dalam paparannya, peserta yang hadir dilatih untuk memahami editologi, menyunting buku secara mekanis, menyunting bahasa naskah, menyunting legalitas dan norma, sekaligus praktik pelatihan penyuntingan. Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat editor kepada seluruh peserta yang hadir. (Humas/Jco)


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor