Berhasil Singkirkan 2.600 Peserta, Mahasiswa PGMI UIKA Bogor Lolos Jadi Finalis DPPI 2024

Prestasi

    • 193 Lihat

    Gita Putri Amalia Shaliha, mahasiswi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Agama Islam (FAI) berhasil menjadi finalis Duta Potensi Pemuda Indonesia (DPPI) 2024.

    Penetapan finalis tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) panitia nomor: 001/SK/DPPI/XIV/II/2024 Tentang Pengesahan Finalis Duta Potensi Pemuda Indonesia 2024.

    Gita berhasil lolos menjadi finalis Duta Potensi Pemuda Indonesia  mewakili Jawa Barat bersama rekan se daerahnya Hamman Khafy Hiola dari Universitas Negeri Jakarta dengan mengalahkan sebanyak 2.600 pendaftar. Dirinya berkesempatan mengikuti babak berikutnya bersama 68 finalis lainnya dari setiap provinsinya di Indonesia. 

    Kegiatan yang digelar oleh Youth Ranger Indonesia bekerjasama dengan Kementrian Pemuda dan olahraga itu adalah wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi diri dan turut berkontribusi untuk masyarakat luas.

    Deputi Pengembangan Kepemudaan Kemenpora RI, Dr. Raden Isnanta, M.Pd, berharap kepada para duta potensi pemuda tersebut agar menjadi generasi emas yang berkualitas di masa yang akan datang. 

    “Nanti Indonesia akan menghadapi generasi emas pada tahun 2045. Youth Ranger Indonesia dan Duta Potensi Pemuda Indonesia ini diharapkan dapat menjadi tonggak utama dalam mempersiapkan generasi emas yang berkualitas nantinya,” harapnya.

    Mahasiswa semester 6 Program Studi PGMI UIKA tersebut sebelumnya telah mengenal Youth Ranger Indonesia melalui kerja sama organisasi di daerahnya. 

    Gita mengungkapkan bahwa ajang tersebut selain menambah wawasan juga networking dengan pemuda berpotensi dari seluruh Indonesia. 

    “Ajang ini memberikan peluang besar untuk mendapatkan ilmu berkualitas dari narasumber yang kompeten serta memperluas relasi dengan pemuda-pemuda berpotensi dari seluruh Indonesia,” ungkapnya.

    Ketua Program Studi PGMI FAI UIKA, Muhammad Fahri, S.S., M.Pd.I, mengatakan Gita merupakan salah satu mahasiswa terbaik yang ada di PGMI FAI UIKA Bogor.

    "Selain di sisi akademiknya, dia juga aktif di kegiatan non akademik dengan menjadi pengurus himpunan prodi serta aktif di kegiatan luar kampus sebagai bagian dari pengembangan dirinya," ujarnya.

    Dirinya juga berharap apa yang diraih Gita bisa menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya untuk dapat mengharumkan nama fakultas dan kampus.

    "Kami sebagai prodi berharap mahasiswa dapat mengaktualisasikan dirinya, tidak hanya di dalam pembelajaran formal kampus, tetapi juga di luar kampus agar portofolio dirinya semakin baik," paparnya. (Humas/Ne2)