thumb
  • AL
  • 0 Komentar
  • 218 Melihat
  • 0 Suka

Sebagai salah satu perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Program Studi Bisnis Digital Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor kembali melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam rangka Pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik Skala Bisnis bertajuk “Pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik dalam Bisnis untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat di Era Digital” yang diselenggarakan  di Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor,  Sabtu (30/10/2022).

Kegiatan Pelatihan Hidroponik Skala Bisnis ini merupakan kolaborasi antara Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor dan PT. Lumina Agro Madania bekerjasama dengan Program Studi Bisnis Digital FEB UIKA Bogor yang melibatkan 5 (lima) orang dosen yaitu Asti Marlina, S.E., M.M.S.I, selaku Ketua Program Studi Bisnis Digital, Hanif Zaidan Sinaga, S.E., M.M.S.I, Ahmad Fathan Mujadidi Haqqoni, S.E., M.A.B., Sri Wahyuni, S.Sos., M.M., dan Setio Pramono, S.E., M.Si. 

Ketua Tim Pengabdian, Asti Marlina, S.E., M.M.S.I., menyampaikan bahwa pelatihan ini dihadiri 20 orang peserta berasal dari warga Desa Laladon, yang akan dibina dan didampingi hingga panen nantinya. Setelah sayuran hidroponik ini panen, maka para peserta dapat membentuk suatu usaha bersama dan berkelanjutan. 

Asti menilai, bahwa hal tersebut merupakan suatu hal yang positif sehingga dirinya dan tim merasa terpanggil untuk berbagi ilmu kepada para petani hidroponik mengenai cara melegalkan Bisnis seperti pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha) untuk Usaha Mikro dan Kecil, cara membentuk Koperasi Produksi, cara memasarkan produk secara digital dengan baik dan terukur. Menurutnya hal ini perlu disampaikan agar usaha dari para peserta nantinya dapat berjalan lancar dan memiliki daya jual tinggi.

Melalui kegiatan PKM yang dilakukan oleh Tim Dosen FEB UIKA Bogor ini diharapkan masyarakat termotivasi untuk membudidayakan tanaman hidroponik dan mampu memanfaatkannya sebagai ladang bisnis yang menghasilkan pendapatan. (humas/al)


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor