Di Hadapan 531 Wisudawan, Rektor UIKA Beberkan Capaian dan Prestasi Gemilang UIKA Bogor

Info Kampus

    • 882 Lihat

    Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menggelar wisuda ke-78 program sarjana, magister dan doktor. 

    Sebanyak 531 wisudawan/ti mengikuti seremoni tersebut di Gedung Braja Mustika Convention Centre, Rabu (17/7/2024).

    Wisuda ke-78 ini dihadiri Rektor, para Wakil Rekror, Ketua YPIKA, Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar dan Banten, koordinator KOPERTAIS Wilayah II Jabar dan Banten, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, para wisudawan/ti, dan jajaran pimpinan UIKA lainnya.

    Rektor UIKA Bogor, Prof. Dr. H.E. Mujahidin, M.Si menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi gemilang yang dicapai oleh UIKA Bogor di setiap tahunnya.

    “Alhamdulillah, kami bersyukur atas kepercayaan masyarakat juga kerja sama civitas academica UIKA, jumlah mahasiswa baru hingga penerima beasiswa UIKA Bogor terus meningkat setiap tahunnya,” kata Prof. Mujahidin.

    Prof. Mujahidin memaparkan pada 2021, jumlah pendaftar sebanyak 2.276. Kemudian 2022, naik menjadi 2.534, selanjutnya 2023, naik lagi menjadi 3.199.

    “Pendaftar di tahun 2023 sebanyak 3.199 orang, peningkatan 26,2% yang dinyatakan diterima di tahun 2023 sebanyak 2.107 orang, peningkatan 24,6% Per 15 Juli 2024. Pendaftar mencapai 2.406 orang, dan akan terus meningkat hingga akhir Agustus 2024,” jelasnya.

    Peningkatan ini juga terlihat pada jumlah mahasiswa penerima beasiswa UIKA Bogor yang mencapai 959 pada tahun 2023.

    “Di tahun 2023 penerima sebanyak 384 orang. Meningkat dari tahun 2022 sebanyak 310 orang. Sehingga total penerima beasiswa dari tahun 2021-2023 sebanyak 959 orang, meningkat 66,7%,” jelasnya.

    Adapun beasiswa bagi para penghafal Al-Qur'an, yakni tahun 2021 diterima sebanyak 25 orang. 2022, diterima sebanyak 56 orang. 2023, diterima sebanyak 66 orang, dan total beasiswa hafidz sebanyak 156 orang, serta 2024, sebanyak 55 orang hafidz 30 juz telah mendaftar.

    “Selanjutnya beasiswa tidak mampu atau KIP. Tahun 2021 penerima sebanyak 167 orang. 2022 penerima sebanyak 268 orang. 2023 penerima sebanyak 237 orang. Total penerima beasiswa KIP sebanyak 297 orang dan 2024 ada 891 orang yang telah mendaftar,” tuturnya.

    “Kemudian Nikmat yang Allah SWT berikan juga kepada UIKA Bogor dari kinerja kelembagaan di tahun 2024 UIKA telah memiliki Program Studi terakditasi unggul sebanyak 7 Prodi. Pendidikan Agama Islam untuk Program Doktor (S3), Magister (S2), Sarjana (S1) alhamdulillah semua terakreditasi unggul,” sambungnya.

    Selanjutnya, Prodi Teknologi Pendidikan Program Magister, Prodi Manajemen S1, dan terakhir, Komunikasi dan Penyiaran Islam (S1).

    Kemudian UIKA Bogor juga mendapatkan banyak torehan berbagai prestasi mulai nasional maupun internasional.

    Prof. Mujahidin berpesan kepada para wisudawan/ti yang akan masuk/ sudah berada di dunia kerja. Pertama, menjaga perintah dan larangan Allah swt. 

    Kedua, berbakti kepada orang tua. Pasalnya di balik kesuksesan ada doa-doa yang orang tua yang terus mengalir.

    “Maka dari itu jangan sampai melupakan kontribusi dari orang tua. Karena di balik kesuksesan ada doa-doa orang tua,” tuturnya.

    Prof. Mujahidin berharap agar ke depannya para wisudawan/ti juga terus belajar dan mengembangkan diri mengingat pengetahuan akan terus berkembang. 

    Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ibu Dr. Ir. Hj. Syarifah Sofiah, M.Si yang mewakili PJ Wali Kota Bogor menyampaikan selamat kepada para wisudawan/ti atas kelulusannya di UIKA Bogor.

    Beliau berpesan meski kini sudah menyandang gelar Sarjana, Magister dan Doktor, para wisudawan/ti juga harus tetap belajar dan mengasah diri.

    “Semoga ilmu yang diperoleh di kampus tercinta UIKA Bogor menjadi manfaat bagi saudara (wisudawan/ti), masyarakat juga bangsa Indonesia, terus belajar dan mengasah diri, lulusan UIKA Bogor harus mampu bersaing di era digital saat ini,” pesannya.

    Di tengah kegiatan tampak mahasiswa tunanetra, Ade Suryani FAI Prodi PAI yang ikut berkontribusi dengan mempersembahkan lagu “One Moment In Time” dan “Ayah” di Wisuda ke-78 UIKA Bogor.

    Semua orang di dalam Gedung pun tertuju dan hanyut dengan suara merdu Ade Suryani.

    Kegiatan Wisuda ke-78 Program Sarjana, Magister, dan Doktor Universitas Ibn Khaldun Bogor Tahun Akademik 2023/2024 pada 17 Juli 2024 diakhiri dengan hiburan-penampilan lagu Play dan menampilkan “Sebuah Kisah Klasik/ Sheila On 7" serta sesi foto bersama. 

    Sekadar informasi, berikut nama-nama wisudawan/ti lulusan terbaik tingkat Fakultas dan Universitas di Wisuda ke-78 UIKA Bogor:

    Lulusan Terbaik Sekolah Pasca Sarjana: 

    a. Program Doktor, Program Studi Pendidikan Agama Islam, diraih oleh Bahrum Subagiya dengan IPK 3.97, predikat lulusan Magna Cumlaude.

    b. Program Magister, Program Studi Pendidikan Agama Islam, diraih oleh Moh. Ridham Addimasyqi dengan IPK 3.97, predikat lulusan Magna Cumlaude.

    c. Program Magister, Program Studi Manajemen, diraih oleh Rhendy Akhmad Firdaus, dengan IPK 3.86, dengan predikat lulusan Magna Cumlaude.

    d. Program Magister, Program Studi Teknologi Pendidikan, diraih oleh Siti Nurkamilah dengan IPK 3.88, dengan predikat lulusan Magna Cumlaude.
     
    Lulusan terbaik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan:

    a. Program Sarjana, Program Studi Pendidikan Masyrakat, diraih oleh Hilma Nuraeni, dengan IPK 3.93, dengan predikat lulusan Magna Cumlaude.

    b. Program Sarjana, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, diraih oleh Muhamad Rizky Bahtiar, dengan IPK 3.96, predikat lulusan Magna Cumlaude.

    c. Program Sarjana, Program Studi Teknologi Pendidikan, diraih oleh Annisa Luthfiani, dengan IPK 3.92, predikat lulusan Magna Cumlaude.
     
    Lulusan terbaik Fakultas Hukum:

    a. Program Sarjana, Program Studi Ilmu Hukum, diraih oleh Garnes Revina Cahya, dengan IPK 3.90, predikat lulusan Magna Cumlaude.
     
    Lulusan terbaik Fakultas Ekonomi dan Bisnis:

    a. Program Sarjana, Program Studi Manajemen, diraih oleh Amelia Futridengan IPK 3.98, predikat lulusan Magna Cumlaude.

    b. Program Sarjana, Program Studi Akuntansi, diraih oleh Salsa Aulia Putri, dengan IPK 3.93, predikat lulusan Magna Cumlaude.
     
    Lulusan terbaik Fakultas Agama Islam:

    a. Program Sarjana, Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, diraih oleh Faiza Arzaq Wijoyo, dengan IPK 3.92, Predikat Lulusan Magna Cumlaude.

    b. Program Sarjana, Program Studi Ahwal-Al-Syakhshiyah, diraih oleh Faisal Purbayu, dengan IPK 3.92, Predikat lulusan Magna Cumlaude.

    c. Program Sarjana, Program Studi Ekonomi Syari’ah, diraih oleh Nurcahya Khaerunnisa, dengan IPK 3.93, Predikat lulusan Magna Cumlaude.

    d. Program Sarjana, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, diraih oleh Sofwatul Qurbah Kholilah, dengan IPK 3.90, Predikat Lulusan Magna Cumlaude.
     
    Lulusan Terbaik Fakultas Teknik dan Sains:

    a. Program Sarjana, Program Studi Teknik Informatika, diraih oleh Riwan Kurniawan, dengan IPK 3.64, Predikat lulusan Cumlaude.

    b. Program Sarjana, Program Studi Teknik Mesin, diraih oleh Mohammad Ridwan Ependi, dengan IPK 3.74, Predikat lulusan Cumlaude.

    c. Program Sarjana, Program Studi Teknik Elektro, diraih oleh Adi Mardiansah, dengan IPK 3.73, Predikat lulusan Cumlaude.
     
    Lulusan Terbaik Tingkat Universitas:

    a. Program Magister, diraih oleh Muhammad Agung Prabowo, dengan IPK 4.00 dari Program Studi Ekonomi Syari’ah.

    b. Program Sarjana, diraih oleh Nabil Auliya Ramadhan, dengan IPK 3.99 dari Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam.

    c. Program Sarjana, diraih oleh Rizka Nur Hamidah, dengan IPK 3.99 dari Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam.

    d. Program Sarjana, diraih oleh Salsabilla Sofwa, dengan IPK 3.98, dari Program Studi Ilmu Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat.