Dosen FAI UIKA Bogor Raih Hibah Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Bantu tahun 2023

Info Akademik

    • 497 Lihat

    Dr. Santi Lisnawati, M.Si., M.Pd. dosen Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor meraih hibah novasi Pembelajaran dan Teknologi Bantu tahun 2023 dari Kemendikbudristek. Hal ini sesuai dengan surat edaran No.521/E2/DT.00.03/2023 Kemendikbudristek tentang Pengumuman Penerima Program Bantuan Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Bantu untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Tahun 2023. Pada program ini juga beraggotakan Noneng Siti Rosidah, S.Pd.I, MA. dan Noor Isna Alfain, M.Pd.I.

    Menurut Dr. Santi fokus program Bantuan Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Bantu ini adalah pengembangan media  dan modul penelitian tindakan kelas terintegrasi praktik mengajar untuk meningkatkan Kompetensi Calon Guru Pada Mahasiswa Disabilitas khusunya Tunanetra. Serta program ini memiliki 4 tujuan sebagai berikut pertama menumbuhkan sikap percaya diri dan tanggung jawab terhadap tugas sebagai calon guru, kedua kemampuan dalam menyusun  proposal penelitian Tindakan kelas, ketiga kemampuan dalam melaksanakan praktik mengajar /praktik profesi keguruan (PPK), yang keempat kemampuan dalam menerapkan penelitian Tindakan kelas yang terintegrasi dengan  kegiatan praktik mengajar.

    "Hasil inovasi pembelajaran ini diharapkan memiliki kontribusi, baik secara teoritis maupun praktis. Secara teoritis hasil inovasi pembelajaran ini dapat memberikan panduan dalam pengembangan mata kuliah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa disabilitas tunanetra. Dalam tataran praktis inovasi pembelajaran ini bermanfaat bagi mahasiswa disabilitas  tunanetra dalam menguasai kompetensi mata kuliah penelitian Tindakan kelas, dan juga Kompetensi dalam praktik mengajar. Manfaat lain secara praktis dapat dimanfaatkan bagi para dosen yang mengalami kasus yang sama, dapat  memanfaatkan media pembelajaran dan bahan ajar yang tersedia dari luaran hasil inovasi pembelajaran ini" tutup Dr. Santi. (Humas/Pdu)