thumb
  • Pandu
  • 0 Komentar
  • 483 Melihat
  • 0 Suka

 

(UIKA-05/12/2022). Ketua Prodi Magister Pendidikan Islam Dr. H. Abbas Mansyur Tamam, M.A. berkesempatan menjadi pemateri pada Pengajian rutin Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor pada Sabtu, (03/12/2022).

Menjelaskan terkait Pendidikan Remaja kajian ini  mengangkat tema Kajian "Begini Cara Rasul Mendidik Remaja". 

Dr.  Abbas menjelaskan cara mendidik remaja yang paling baik adalah memberikan kepercayaan kepada mereka untuk diberikan amanah,  Sebagai contoh Usamah bin Zaid bin Haritsah (umur 17 tahun) oleh rosul, beliau diangkat menjadi komandan perang ke Syam, memimpin banyak tokoh senior Muhajirin dan Anshar. Di antara mereka ada Umar bin Khatab.

Bagitu juga dalam berdiskusi, Rasullullah SAW  nenurut nya, menghormati hak dan pendapat mereka (para remaja). Serta memberikan kesempatan aktualisasi diri, "sebagai contoh Rasulullah SAW memberikan kesempatan kepada remaja untuk ikut berperang. Disini bisa dikatakan Rasulullah SAW memberikan kepada para remaja untuk mengekspresikan/mengaktualisasi bakat dan potensi sehingga mereka mendapatkan pengakuan" lanjut Dosen Sekolah Pascasarjana ini.

Akli Mufasir ini juga menlanjutkan tuturanya, Mengakui prestasi akademis juga dicontohkan oleh Rasulullah SAW "Di antara mereka yang paling tahu halal-haram adalah Muadz, yang paling ahli faraid adalah Zaid bin Tsabit dan yang paling ahli qiraat adalah Ubai bin Ka'ab" (Al-Tirmidzi, 5/3790). Tiga sahabat yang disebut oleh Nabi merupakan remaja atau pemuda dimana Rasulullah SAW memberikan pengakuan prestasi kepada mereka.

Poin terakhir yang beliau bahas adalah tenbtang menjaga perasaan mereka (remaja/pemuda), Dr. Abas  kembali menuturkan hadist Nabi sebagai berikut : "Kembalilah kepada keluarga kalian (para pemuda), ajari mereka dan perintahkanlah. Shalatlah sebagaimana kalian melihat aku menuaikan shalat. Jika waktu shalat tiba, hendaklah salah seorang di antara kalian mengalunkan adzan, kemudian orang paling besar di antara kalian mengimami shalat"(Al-Bukhari,5/5662). Dalam hadist kita diberikan contoh bagaimana Nabi SAW,  menunjukkan kepada kita cara menjaga persaan para remaja dengan kelembutan dan kasih sayang.

Diakhir pengajian, Dr. H. Abas Mansur Tamam, Lc., M.A., menegaskan itulah beberapa poin dimana Rasulullah SAW mendidik para remaja sehingga para pemuda terberdayakan dan menjadikan Islam berjaya. (HUMAS/pdu)

Kata Kunci: Cara Rasul, Mendidik Remaja, Kajian, Pascasarjana, UIKA,


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor