thumb
  • MJ
  • 0 Komentar
  • 695 Melihat
  • 0 Suka

Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Dr. M. Dahlan R., M.A., mengisi ceramah pada pelaksanaan Shalat Jumat di Masjid Al Hijri 2 hari ini, 18 November 2022.

Dalam ceramahnya yang berdurasi 10 menit ini, mengutip Surat Qaf ayat 31-33, Dr.M. Dahlan R., M.A., memberi tema ceramahnya empat kriteria untuk mendapat tiket masuk surga.

Pertama menurutnya, ialah Awwab, yaitu orang yang kembali ke jalan Allah SWT setelah melakukan kesalahan, atau orang yang telah melakukan pertaubatan. Manusia ialah tempatnya salah dan dosa, namun bukan menjadi alasan untuk kita tetap tenggelam dalam dosa tanpa adanya perbaikan. Seorang hamba bisa terhindar dari dosa, asalkan ada niat untuk keluar dari dosa-dosa tersebut.

Dosen Fakultas Agama Islam ini melanjutkan ceramahnya, dengan menjabarkan poin keduanya ialah Hafiz, yaitu orang yang menjaga dan menjalankan semua syariat Allah SWT. Segala sesuatu yang halal dan haram menurutnya sudah dijelaskan dalam Al Quran. 

"Segala yang ada di dunia ini memiliki batasaan-batasan yang sudah Allah tetapkan untuk dijalankan. Barangsiapa bisa menjalnkan syariat Allah SWT, maka ia adalah termasuk orang yang berhak mendapatkan tiket ke surga Allah SWT. Untuk mencapai surga Allah SWT memang tidak mudah, banyak sekali rintangan dan hambatan. Dari situlah dibutuhkan keistiqomahan dan konsistensi serta pribadi yang tangguh sehingga segala yang kita lakukan meraih ridha Allah SWT".

Ketiga ialah Khauf, yaitu orang yang selalu merasa takut kepada siksa Allah SWT. Khauf merupakan bagian dari ketakwaan yang mendalam, sehingga untuk dapat menanamkan sikap khauf hendaknya kita senantiasa selalu merasa diawasi oleh Allah SWT dan yakinlah bahwa Allah SWT memiliki sepasang cctv yang tidak akan pernah rusak yaitu adanya Malaikat Raqib dan Malaikat Atid. jelasnya.

Adapun poin ke 4 menurutnya ialah Qalbun Munib, yaitu orang yang meyakini Allah SWT dan hari kiamat. Ia selalu datang kepada Allah SWT dengan hati yang bertaubat dan bertemu pada Allah SWT di hari kiamat dengan hati yang bersih.

Sebagai penutup, beliau berdoa semoga dengan dijelaskannya kriteria calon penghuni surga yang terangkum dalam Al Quran ini, menjadikan suatu motivasi kepada kita semua untuk selalu berada di jalan Allah dan bisa menuju pintu surga yang telah Allah SWT janjikan. (HUMAS/Jco)


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor