FIKES UIKA Bogor Raih Prestasi Juara Dua Ajang Kreativitas Inovasi Urang Bogor 2021.

Prestasi

    • 823 Lihat

    FIKES UIKA Bogor Raih Prestasi Juara Dua Ajang Kreativitas Inovasi Urang Bogor 2021. 

    Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, kembali mengukir prestasi dengan meraih juara 2 (dua)  ajang Kreativitas Inovasi Urang Bogor (Kribo) Tahun 2021.

    Kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda)  ini diikuti oleh 76 Tim, terdiri dari berbagai instansi termasuk perguruan tinggi negeri dan swasta, Lembaga penelitian, sekolah dan masyarakat umum yang selenggarakan dari 23 Agustus sampai dengan 30 November 2021.

    Alhamdulilla, Universitas Ibn Khaldun Bogor melalui FIKES UIKA Bogor dapat berpartisivasi dalam kegiatan ini dan bersyukur bisa meraih juara 2, dengan inovasi yang kami buat yaitu Kasi Care. Ujar Ibu Andi Asnifatima, S.K.M., M.Kes. selaku koordinator Tim FIKES UIKA Bogor.

    Andi lebih lanjut menjelaskan, aplikasi Kasi Care ini, merupakan platform aplikasi berbasis online untuk menjembatani pengelolaan sampah isoman dari pasien isoman covid 19, dengan petugas pengumpul dan pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup sekaligus berfungi sebagai pelacakan kasus bagi petugas kesehatan di Puskesmas setempat dibawah koordinasi Dinas Kesehatan. 

    Dengan aplikasi ini, menurutnya akan memudahkan pengangkutan sampah isoman covid 19; memudahkan tracing kasus positif covid-19; serta kedepan dapat dikembangkan menjadi aplikasi digital pengelolaan limbah/sampah yang bermanfaat untuk dinas terkait.

    Andi melanjutkan, masyarakat dapat mengakses aplikasi ini di hanphone masing-masing yang terkoneksi ke internet dengan membuka laman https://kasicare.fikes-bogor.ac.id., caranya mudah, pengguna tinggal melakukan pendaftaran, mengisi biodata jika sudah terverifikasi pengguna bisa langsung menggunakan aplikasinya secara geratis.

    Selain Fikes, Program Studi Teknik Mesin UIKApun dalam kesempatan yang sama berhasil meraih juara harapan 1 dengan inovasi yang dikembangkannya.

    Penyerahan hadiah  serta sertifikat juara Kribo 2021 ini diberikan langsung Wali Kota Bogor, Bima Arya di Bogor Creative Center (BCC), Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Senin (29/11/2021).