FIKES UIKA lakukan screening  dan observasi Kesehatan kepada para santri Ponpes Daarul Fallah

Info Kampus

    • 341 Lihat

    Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor melakukan screening  dan observasi Kesehatan kepada para santri dalam rangka pembinaan pesantren sehat Terpadu (PST) di pondok pesantren pertanian Darul Fallah, Jum’at (24/02/2023).

    PTS diselenggarakan sebagai wujud menjalankan Pengabdian Masyarakat sebagai bagian implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

    Dalam kegiatan ini dilaksanakan pula screening kesehatan untuk para santri sebagaimana disampaikan Andi Asnifatima, S.KM., M.KM. Selaku ketua Program Pendampingan dan Pembinaan Pesantren Sehat Terpadu (PST). 

    “Alhamdulillah  kegiatan PST ini disambut baik oleh pihak Ponpes Darul Fallah, Tujuan agenda hari ini adalah implementasi kegiatan pendampingan dan pembinaan pesantren sehat terpadu, hari ini adalah langkah awal kami untuk melakukan secreening kesehatan dan observasi  kepada para santri” jelasnya.

    Resty Jayanti, S.SiT., M.Kes., selaku Kordinator screening dan observasi Kesehatan kali ini kami fokuskan melakukan pemeriksaan  berat badan, tinggi badan, pengukuran lingkar lengan pada siswi, pengecekan IMT (indek masa tubuh), pengecekan HB, dan kosultasi kesehatan, ditambah ada pengisian kuesioner terkait pengetahun, sikap dan perilaku kesehatan, dari hasil screening yang dilakukan, Alhamdulillah rata-rata status gizi santri pesantren Darul Falah dalam kondisi normal dan sehat.  jelasnya.

    Agenda screening  dan observasi Kesehatan ini melibatkan 8 mahasiswa FIKES, yang direkcanakan akan berlangsung selama setahun dengan 3 kali kunjungan yang meliputi kegiatan screening/observasi, intervensi dan evaluasi, laporan hasil.