Hari ini 12 Delegasi Mahasiswa UIKA Bogor Tiba di Thailand

Riset dan Pengabdian

    • 14 Jun 2019
    • 15524 Lihat

    Sebagai upaya menjembatani persaudaraan diantara sesama rumpun Melayu dan kaum Muslim sebanyak 12 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor akan melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) dan Program Latihan Profesi (PLP) di Thailand Selatan. Pengabdian itu akan berlangsung selama Empat Bulan setengah  dari 14 Juni sampai Oktober.

    "Pengiriman mahasiswa keluar Negeri ini merupakan agenda Rutinan setiap tahun dan ini adalah angkatan ke 8," tutur Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sekaligus Penanggung Jawab PLP Thailand, Drs.H. Dedi Supriadi, M.Si., M.Pd di sela-sela persiapan pemberangkatan di Gedung Rektorat, Rabu (12/06).

    Dedi menambahkan Jumat (14/06) mereka sudah tiba di Thailand nantinya mereka akan di tempatkan di beberapa lokasi di Thailand selatan, "Kita sudah bekerjasama lebih dari 40 institusi Pendidikan disana, nantinya mereka ada yang dikirim ke sekolah, Pondok Pesantren dan lembaga pendidikan yang membutuhkan. Mereka akan bertugas mengajar bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia serta tak lupa memperkenalkan Budaya Indonesia kepada warga gajah putih.

    Dedi berharap, mereka yang ikut program ini akan mendapat banyak pengalaman dan wawasan, minimal bisa punya pengalaman Cross Culture, yang nantinya akan membuat mereka punya wawasan luas, mengetahui budaya diluar indonesia, sekaligus mampu memperkenalkan budaya indonesia ke luar negeri, hakekatnya mereka adalah duta budaya indonesia disana.   


    Sekerar di ketahui Thailand Selatan merupakan sejumlah kawasan di Thailand yang berbatasan dengan Semenanjung Malaysia. Tempat ini terdiri dari 14 wilayah yang diantaranya adalah Wilayah Narathiwat, Wilayah Pattani, Wilayah Yala, Wilayah Songkhla dan Wilayah Satun. Mayoritas penduduknya adalah orang Melayu dan beragama Islam meskipun Thailand diperintah oleh kerajaan Buddha.

0 Comments

KOTAK KOMENTAR