thumb
  • Try
  • 0 Komentar
  • 424 Melihat
  • 0 Suka

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (HIMAPRO-PBI) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor atau dikenal dengan EDSA (English Department Student Association) sukses menyelenggarakan Malam keakraban (Makrab) selama 2 hari pada 22 Oktober – 23 Oktober 2022 dengan mengusung tema “Stand Still Stand Together”.

Edsa`s Makrab diselenggarakan di Vila Pondok Bambu, Tamansari, Bogor dengan jumlah peserta 40 Orang dari mahasiswa baru dan beberapa mahasiswa semester 3 dan 5 yang belum mengikuti kegiatan makrab.

Menurut Hikmah Ismidiana Marwah selaku Wakil Ketua EDSA menyampaikan bahwa kegiatan makrab ini bersifat penting bagi mahasiswa baru prodi PBI dengan tujuan untuk memperkenalkan HIMAPRO-PBI dan memberikan arahan bagi mahasiswa baru terkait program-program yang bermanfaat bagi mahasiswa selama perkuliahan.

“kegiatan makrab ini tujuannya untuk menjalin hubungan baik dengan mahasiswa Prodi PBI sekaligus memperkenalkan HIMAPRO-PBI dan progran-program yang melibatkan mahasiswa dan membantu perkuliahan mereka”, ujar Hikmah.

Hikmah juga menyampaikan, harapannya setelah mengikuti kegiatan makrab peserta mendapatkan gambaran mengenai perkuliahan yang akan dihadapi selama 8 semester kedepan, serta memotivasi peserta untuk aktif berpartisipasi dalam program-program yang disediakan oleh pemerintah seperti MBKM dan aktif dalam organisasi.

pemaparan materi pertama mengenai kepemimpinan disampaikan oleh Hasby Ainun Naim selaku Gubernur BEM FKIP. Dalam pemaparan materinya, Hasby menyampaikan mengenai karakteristik yang harus dimiliki seorang pemimpin dan bagaimana cara seorang pemimpin memecahkan suatu masalah. menurutnya, setiap individu merupakan pemimpin bagi dirinya sendiri.

Pemaparan materi kedua dengan tema “Maximizing Academic And Professional Development” oleh Nur Khofifah Sa`adiyah, S.Pd. alumni sekaligus Ketua HIMAPRO-PBI Masa Bakti 2020/2021 yang juga merupakan penerima IISMA Awardee (Indonesian International Student Mobility Awards) salah satu program Kemndikbud Ristek yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa terpilih untuk mengikuti perkuliahan di luar negeri selama satu semester itu memaparkan kiat-kiat dan motivasi kepada peserta bagaimana cara memaksimalkan potensi akademik tetapi tetap berperan aktif di organisasi untuk pengembangan diri. 

Selain itu, Nur Khofifah juga membagikan pengalamannya selama menjadi mahasiswa pertukaran di University of Limmerick, Irlandia.

Kegiatan hari pertama ditutup dengan sharing session mengenai program MBKM dan beasiswa yang tersedia di UIKA serta pementasan seni dari para peserta dan api unggun, untuk selanjutnya dihari kedua diisi dengan senam bersama, bincang-bincang singkat dengan Kaprodi PBI, Amalul Umam, MA.TESL, dan ditutup dengan keseruan fun games serta pembagian hadiah kepada para pemenang. (humas/try)


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor