Kampanyekan pentingnya pendidikan inklusif, Mahasiswa UIKA Bogor Kelompok KKN 28 mengajar anak ABK

Info Kampus

    • 61 Lihat

    Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor melaksanakan kegiatan mengajar bagi 40 anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) di Balai Kesejahteraan Sosial (BKS) Tegar Beriman, Kabupaten Bogor. Selasa 23/07/24.

    Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor yang bertempat di Kecamatan Citeureup, Kelurahan Puspanegara, RW 04, RT 01.

    Ketua KKN Kelompok 28, Satria Munggaran, menjelaskan, "Kegiatan ini bukan hanya tentang mengajar, tetapi juga tentang belajar. Kami belajar memahami kebutuhan khusus anak-anak penyandang disabilitas, dan mereka mengajarkan kami arti dari semangat, ketekunan, dan keceriaan dalam menghadapi tantangan. Melalui program ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan pendidikan yang inklusif dan merata bagi semua anak. Kami yakin bahwa setiap anak, tanpa memandang kemampuan fisik atau mental, berhak mendapatkan pendidikan yang terbaik."

    Selain memberikan manfaat langsung bagi anak-anak penyandang disabilitas, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pendidikan inklusif. Diharapkan, melalui interaksi langsung dengan anak-anak penyandang disabilitas, mahasiswa dapat mengembangkan empati, keterampilan mengajar yang adaptif, serta memperkuat komitmen mereka dalam mendukung pendidikan yang merata dan adil bagi semua anak.

    Pembina KKN Kelompok 28, Bapak Edi Supardi, menyampaikan apresiasinya terhadap dedikasi para mahasiswa. "Para mahasiswa KKN ini harus belajar pengabdian tanpa pamrih dengan menjadi relawan yang mengajar anak-anak disabilitas bersama para relawan-relawan di sana. Ini adalah bukti nyata dari kebaikan dan ketulusan hati manusia. Mereka memberikan waktu, tenaga, dan pengetahuan tanpa mengharapkan imbalan materi, namun dampak positif yang mereka ciptakan tidak ternilai harganya. Melalui usaha mereka, anak-anak disabilitas mendapatkan kesempatan untuk belajar, berkembang, dan meraih impian mereka. Para relawan ini adalah pahlawan sejati yang layak mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi dan kasih sayang yang mereka tunjukkan setiap hari. Semoga semangat dan niat tulus mereka tertularkan kepada para mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN ini."

    Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari salah satu program kerja “Pusat Kesejahteraan Sosial” dalam rangkaian 5 program KKN UIKA, yang bertujuan untuk mendukung kesejahteraan sosial di masyarakat. Dengan tekad dan semangat yang tinggi, kelompok KKN 28 berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mewujudkan pendidikan inklusif yang lebih baik di Indonesia.