thumb

Dalam rangka pendirian program studi Doktor Ekonomi Syariah, Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor selengarakan Lokakarya Kurikulum secara Hybrid.Jum'at -Sabtu (18-19/03/2022)

Bertempat di Hotel Harris Sentul Bogor, acara ini  diawali dengan sambutan Direktur Sekolah Pascasarjana UIKA Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS dan dibuka secara resmi oleh Rektor UIKA Bogor Prof. Dr. H. Endin Mujahidin, M.Si., dengan mengundang narasumber dari berbagai unsur, mulai dari akademisi , Praktisi serta pemangku kebijakan yang hadir secara Onsite dan juga Online.

Lokakarya ini juga dihadri oleh Direktur Sekolah Pascasarjana UIKA, Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS, Wakil Direktur  H. Hendri Tanjung, Ph.D,kepala Subdirektorat Pengembangan Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Dr. Syafi'i, M.Ag,Ketua Program Studi Doktor Ekonomi Syariah Prof. Dr.H.Jaih Mubarok, S.E.,M.H.,M.Ag ,Kepala Kantor Penjaminan Mutu dan Audit Internal (KPMA) Dr. Renea Shinta Aminda, SE., MM, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Dr, Immas Nurhayanti, M.S.M. , Sekretaris Program Studi Magister Ekonomi Syariah Dr. Hj. Qurroh Ayuniyyah, M.Ec., dan juga Para Dosen.

Mengawali sambutannya, Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS menjelaskan latar belakang dari pendirian program studi Doktor Ekonomi Syariah  di UIKA, pertama dari urgensi kebutuhan masyarakat dimana ekonomi syariah memiliki ciri khas dan ke khusus-an  jika dibandingkan dengan ekonomi Konvensional sehingga prinsip dan nilai ciri khas yang dimiliki perlu di implementasikan dalam kehidupan masyarakat.

"Dalam ekonomi konvensional yang di terapkan saat ini menghasilkan kesejahteraan material semata bagi sekelompok masyarakat, namun diikuti oleh dengan adanya  kesenjangan yang ekstrem diantara kelompok masyarakat, hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga di Negara lain, Disisi lain Ekonomi Syariah menggunakan Prinsip-prinsip keadilan dan melarang praktek yang menyebabkan ke dzaliman"ucapnya

kedua dari sisi keilmuan perkembangan Ekonomi Syariah dapat dilihat dari semakin banyaknya Universitas terutama di Indonesia yang menawarkan program studi Ekonomi syariah namun sangat jarang yang menawarkan program studi level Doktor.

"Dengan perkembangan Ekonomi Syariah yang pesat ini,diperlukan SDM yang memiliki keahlian untuk membuat konsep dan implemtasi Ekonomi Syariah, terutama Doktor yang memiliki keahlian yang komprehensif pada disiplin Ilmu ini"Jelasnya.

Dengan melihat latar belakang Tersebut Sekolah pascasarjana Optimis dan yakin dapat menyelengagarakan Program Studi Doktor Ekonomi Syariah ini dengan sebaik - baiknya untuk kemaslahatan Ummat dan Bangsa.  

Selanjutnya Rektor UIKA Bogor Prof. Dr. H. Endin Mujahidin, M.Si. dalam sambutannya. menyampaikan bahwa bagi UIKA Pendirian program studi di bidang ke agamaan ini sangat penting untuk kontribusi UIKA dalam menyebarkan Islam di Indonesia.

"Karena UIKA adalah perguruan Tinggi Islam yang harus berkontribusi di dalam menyebarkan Islam di Indonesia"ucapnya.

"Insyaallah UIKA akan amanah dalam menjalankan Program sudi Doktor Ekonomi Syariah ini, mudah mudahan ini menjadi amal ibadah kita dalam rangka dakwah Islam" ucap rektor Sekaligus Membuka Kegiatan Lokakarya ini.

Sementara Itu Dr. Syafi'i, M.Ag Selaku Kepala Subdirektorat Pengembangan Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Memberikan Pengarahan dalam kesempatannya, ia menyampaikan ada banyak hal yang harus jadi perhatian untuk mematangkan Kurikulum dalam pendirian sebuah Program studi.

"sebagai strata tertinggi dalam sistem pendidikan di Indonesia Program Doktor harus benar benar menjadi Program Yang Excelent, dan menjadi pusat keunggulan dari kampus itu sendiri"ucapnya.

"Lokakarya ini adalah langkah yang sangat tepat yang telah di prakarsai pascasarjana UIKA ini dalam rangka untuk mewujudkan Kurikulum ekonomi syariah UIKA yang mempunyai distingsi dan keungulan-keunggulan yang lain"tambahnya.

Ketua Program Studi Doktor Ekonomi Syariah Prof. Dr.H.Jaih Mubarok, S.E.,M.H.,M.Ag dalam kesempatannya menjelaskan  Visi Misi dan Tujuan Program Studi Doktor Ekonomi Syariah.

Visi Program Studi Doktor Ekonomi Syariah ini adalah  menjadi Program Studi Doktoral Ekonomi Syariah (S3) yang unggull berbasis Iman,Ilmu dan amal pada tinggkat nasional Tahun 2027, sedangkan Misi Menyelenggarakan Program Studi Doktoral Ekonomi Syariah, Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi,dan Seni (IPTEKS) dibidang Ekonomi Syariah, Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan Inovasi dan mengembangkan konsep serta teori di bidang Ekonomi Syariah, Mengembangkan kerjasama dalam lingkup regional,nasional maupum internaional di bidnag Ekonomi Syariah.


Melalui Visi dan Misi ini, Lanjutnya, akan menghasilkan Doktor ekonomi Syariah yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam mengembangkan konsep atau teori baru di bidang ekonomi syariah

Dalam Lokakarya ini di dapat pula beberapa saran dan masukan dari para Praktisi,akademisi Serta Pemangku Kebijakan yang hadir, diantaranya ;

Prof. Drs. HM Sirozi, Ph.D (Guru Besar pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang)
"Melalui Prodi Doktor Ekonomi Syariah Ini, Kita dapat membangun daya saing lokal dan nasional dalam bidang ekonomi syariah,Kita harus mendesign sebuah agenda penelitian terkait persoalan dasar yang aplikatif dalam bidang Ekonomi Syariah, ini harus disusun, karna ini akan menjadi kekuatan Prodi ini nantinya"


Dr. Ferry Syarifuddin, SE, MA, CWM (Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah,Bank Indonesia)
"Terkait dengan pengembangan Kurikulum di Program Doktor Ekonomi Syariah ini Kami dari Bank Indonesia telah banyak menulis Buku yang bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, yang saya harapkan ini dapat mendukung Program Doktor Ekonomi Syariah yang ada di UIKA Bogor"


Eri Hariyanto (Kementrian Keuangan RI)
"Kami dari Kementrian Keuangan sangat Menyambut baik berdirinya program Studi Doktor Ekonomi Syariah di Universitas Ibn Khaldun Bogor ini, dibukanya Program ini diharapkan dapat Menjadi jembatan antara Akademisi dan Juga Praktisi, Mungkin kami dapat memberikan sedikit pengetahuan terkait Islamic Public Finance kedalam mata kuliah yang ada di dalam kurikulum  Program Doktor Ekonomi Syariah ini, karena memgingat semakin lama semakin banyak instrumen-Instrumen keuangan Islam yang kita adopsi dalam kebijakan Fiskal."

 


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor