thumb
  • AL
  • 0 Komentar
  • 399 Melihat
  • 0 Suka

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor bekerjasama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Pengabdian Pada Masyarakat (DRTPM Kemenristekdikti) menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional. Kegiatan ini digelar  di Hotel Padjajaran Bogor pada Kamis-Sabtu (15-17/09/2022).

Kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 50 peserta dari 35 Institusi Pendidikan Tinggi di Indonesia dengan menghadirkan narasumber yang expert dalam bidang penulisan artikel ilmiah baik skala nasional maupun internasional. 

Kegiatan pelatihan tersebut meliputi pemaparan materi yang dibagi menjadi 9 sesi serta pendampingan bagi para peserta. Materi pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional yang disampaikan terdiri dari :

  1. Etika Penulisan Artikel Ilmiah oleh Prof. Ali Saukah, M.A., Ph.D (UM)
  2. Evaluasi Diri Naskah dan Menakar Kebaruan Hasil Penelitian oleh Prof. Dr. Ir. Dian Fiantis, M.Sc (Unand)
  3. Memahami Gaya Selingkung dan Petunjuk pada Jurnal yang Dipilih oleh  Prof. Amirul Mukminin, S.Pd., M.Sc. Ed., Ph.D (UNJA)
  4. Judul, Baris Kepemilikan, Abstrak dan Kata Kunci oleh Prof. Ir. Wiryono, M.Sc., Ph.D (UNIB)
  5. Pendahuluan, Pendekatan dan Metode oleh Prof. Amirul Mukminin, S.Pd., M.Sc.Ed (UNJA)
  6. Hasil, Pembahasan dan Simpulan oleh Prof. Ir. Suminar S. Achmadi, Ph.D (IPB)
  7. Ilustrasi (Tabel dan Grafik) oleh Dr. Eng. M. Zudhy Irawan, S.T., M.T (UGM)
  8. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penulisan Artikel Ilmiah dan Strategi Pemilihan Berkala oleh Prof. Ir. Siti Nurmaini, Ph.D (UNSRI)
  9. Kebahasaan Artikel Ilmiah oleh Prof. Ari Widyanti, S.T., M.T., Ph.D (ITB)


Rektor UIKA Bogor Prof. Dr. H. E. Mujahidin, M.Si. dalam sambutannya saat membuka kegiatan pelatihan mengucapkan terimakasih banyak kepada DRTPM Kemenristekdikti atas kerjasamanya sehingga kegiatan pelatihan dapat terlaksana. Selain itu, Rektor juga menyampaikan apresiasi kepada para Narasumber dan peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan tersebut.

Rektor menjelaskan, menulis dan menghasilkan karya ilmiah bagi dosen merupakan sebuah kewajiban. Lebih lanjut, Rektor menerangkan bahwa dalam perspektif Islam, terdapat nilai-nilai karakter Rasul dalam kegiatan publikasi ilmiah seperti : Ash-Shiddiq (Jujur), Al-Amanah (dapat dipercaya), At-Tabligh (Menyampaikan), Al-Fathanah (cerdik dan bijaksana). 

Diakhir sambutannya, Rektor berharap pelatihan ini mampu memberikan kontribusi yang baik dalam dalam upaya meningkatkan kemampuan para dosen/peneliti perguruan tinggi sehingga dapat menjadi kebaikan bagi kita, bagi institusi kita dan bagi bangsa kita. (humas/al)


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor