thumb
  • MJ
  • 0 Komentar
  • 914 Melihat
  • 0 Suka

Kegiatan membatik yang diselenggarakan di Kampung Batik Cibuluh, tepatnya di Sentra Bumiku Batik ini, merupakan pelaksanaan rangkaian kegiatan Modul Nusantara program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Tahun 2022 yang diikuti oleh 45 mahasiswa dari 27 kampus yang berkuliah di Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Sabtu (8/10/2022).

Menurut Dr. Hj. Maemunah Sa'diyah, M.Ag., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik sekaligus sebagai salah satu mentor kelompok mahasiswa PMM 2022 menuturkan, kegiatan ini dipilih agar dapat mengenalkan keragaman budaya dan kreasi kerajinan jawa barat terkhusus Bogor.

Adapun pemilihan Kampung Batik Cibuluh, menurutnya lokasi ini tepat dijadikan lokasi pelatihan sekaligus wisata, selain tidak terlalu jauh dari kampus, di kampung ini juga kita  akan ditawarkan pengalaman kultur batik Indonesia dengan memberdayakan potensi masyarakat yang gemar membatik yang seru untuk diikuti.

Dosen Fakultas Agama Islam ini melanjutkan, Kampung Batik Cibuluh merupakan salah satu kampung tematik yang ada di Kota Bogor, yang dibangun sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat untuk menjadikan daerah wisata. Dengan memiliki puluhan pengrajin batik yang aktif membatik menghasilkan corak yang beragam, maka hal tersebut membuat Kampung Batik Cibuluh sangat memiliki potensi untuk menjadi tujuan wisata edukatif batik terbaik di Kota Bogor.

Muhammad Fakta Matondang, selaku ketua kelompok mahasiswa PMM 2022, menyampaikan pengalaman keseruannya dalam mengikuti program ini, ia menuturkan dari kegiatan membatik yang mereka ikuti, banyak memunculkan kreasi dari masing-masing mahasiswa dalam menghasilkan karya dengan ciri khasnya sendiri. Karena mereka dilatih untuk membuat pola, memberi warna sendiri pada batik, memasukan malam batik ke air, menjemurnya, lalu sebagai proses akhir ialah memasak kain yang sudah diberi warna tadi.

Mahasiswa  yang berasal dari Universitas Malikussaleh Aceh tersebut juga menjelaskan, setelah membatik para mahasiswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan dan memperkenalkan UKM sentra batik tersebut di depan mahasiswa yang lain sebagai bentuk pelatihan berbicara di depan umum. (Humas/Jco).


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor