Mengenal Lebih Dekat Tradisi Suku Baduy Ala Telusur Budaya 2024 Pawon UIKA

Info Kampus

    • 256 Lihat

    Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pawon Seni dan Budaya Universitas Ibn Khaldun (UIKA) menggelar program 'Telusur Budaya 2024' di Desa Baduy, Kanekes, Kabupaten Lebak, Banten pada 1 - 4 Februari 2024.

    Dalam penelusuran budaya tersebut terdapat 14 orang yang ikut andil dalam kegiatan itu, yang terdiri dari 12 orang mahasiswa UIKA dan 2 orang lainya berasal dari Sahabat Pawon.

    “Kegiatan ini bagian dari program Divisi Kebudayaan tahun ini di UKM Pawon UIKA Bogor, dan waktu yang diambil untuk melakukan telusur ini selama 4 hari 3 malam,” kata Ketua umum UKM Pawon UIKA, Fatan, Selasa (13/2/2024).

    Dalam penelusuran tersebut, para mahasiswa menelusuri dan melihat beberapa aktivitas yang selalu dilakukan oleh para Suku Baduy seperti pelatihan kain tenun, dan kegiatan lainnya.

    Hal itu dilakukan guna meningkatkan pengetahuan seni dan budaya para anggota muda UKM Pawon dalam mengenal Suku Baduy.

    “Penelusuran ini juga menghasilkan atau menciptakan sebuah artikel, blog dan dokumentasi berupa foto dan video. Selain itu program ini juga bisa mengasah dan mengentalkan rasa kekeluargaan,” ujarnya. 

    Dirinya berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi UKM Pawon UIKA, apalagi di sana para peserta Telusur Budaya 2024 juga ikut mempelajari tentang budaya dan kearifan lokal Suku Baduy.

    "Harapan kami ke depannya, semoga ilmu dari penelusuran ini dapat bermanfaat, proker ini dapat terlaksana kembali apa bila memungkinkan (tidak ada kendala di tahun kepengurusan selanjutnya) dengan membuka trip kepada mahasiswa/i atau individu luar kampus," 

    "Semoga produk sederhana berupa artikel kami dapat bermanfaat dalam jangka waktu yang tak terbatas. Dan semoga dari kita bisa meneliti lebih jauh lagi budaya yang ada di Indonesia dan semua orang bisa tau bahwa di Indonesia ini banyak budaya yang beragam, berbeda dan tentu unik seperti budaya yang ada di Baduy ini," tutupnya. (Humas/Ne2)