Menggali Potensi Keluarga dalam Pembelajaran Selama Masa Pandemik : - Web Seminar

Kersajama

    • 292 Lihat

     

    UIKA -- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UIKA Bogor bekerjasama dengan Universitas Negeri Padang, Universitas Bengkulu dan Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan Bina Mutiara Sukabumi menyelenggarakan Webinar pada Seminar Nasional, Sabtu (15-07/2020), secara Daring melalui Zoom dan Live Streaming Youtube UIKA TV. Seminar Online Nasional ini mengangkat tema "Keluarga Pembelajar: Belajar Asyik Selama Pandemik".

    Seminar ini mengangkat beragam materi seperti, Strategi belajar "Asyik" dimasa Pandemi yang disampaikan oleh Salati Asmahasanah, M.Pd selaku Dosen Pedidikan Dasar PGMI FAI Universitas Ibn Khaldun Bogor. Mengembalikan keceriaan anak dengan meningkatkan psychological well being orang tua yang disampaikan oleh Gumi Langerya Rizal, M.Psi, Psikolog selaku Dosen Psikologi Universitas Padang. Mengembalikan fungsi keluarga sebagai pendidik pertama dan utama yang disampaikan oleh Hj. Mustika Wiguna, M.Pd.I selaku Dosen Pendidikan Islam STKIP Bina Mutiara Sukabumi. Dan acara ini di moderatori oleh Irfan Supriatna, M.Pd, selaku Dosen PGSD Universitas Bengkulu. 

    Kegiatan seminar ini dibuka Rektor Universitas Ibn Khaldun, Dr. H. E. Mujahidin, M.Si. Dalam sambutannya beliau mengatakan, “pentingnya terobosan inovatif untuk membangkitkan gairah mengajar orang tua dalam mendidik anak.”

    Ketua Panitia Seminar ini, Tohir Solehudin mengatakan, "Narasumber diundang disesuaikan dengan tema dan latar belakang keilmuan mereka, mengingat juga kondisi Pandemik Covid-19 ini mengharuskan Belajar Dari Rumah (BDR) sesuai arahan Mendikbud. Kegiatan Webinar khusus untuk menggali serta mengembangkan potensi pembelajaran keluarga di rumah di tengah situasi pandemik covid-19.”

    Seminar ini dihadiri oleh sekitar 466 peserta yang terdiri dari Dosen, Guru, Mahasiswa, Pemerhati Pendidikan, Pengawas Sekolah dan Madrasah, Auditor, PNS, Karyawan, Kepala Sekolah, Ibu Rumah Tangga, Pelajar, Peneliti, Siswa, dan Tokoh Masyarakat dari berbagai Daerah, bahkan ada juga peserta yang hadir dari Papua.