Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor lakukan Benchmarking Doktor Ekonomi Syariah ke UIKA

Info Fakultas

    • 60 Lihat

    Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menerima kunjungan dari Pascasarjana Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Ponorogo, Jumat (31/5/2024).

    Kunjungan tersebut bertujuan mempererat tali silaturahmi serta melakukan Benchmarking Pembukaan Program Studi (Prodi) Doktor Ekonomi Syariah Universitas Ibn Khaldun Bogor.

    Dalam kunjungan tersebut Rombongan dari UNIDA Gontor terdiri dari Assoc. Prof. Dr. Setiawan bin Lahuri, MA (Wakil Rektor 2), Assoc. Prof. Dr. Jarman Arroisi, MA (Kaprodi Doktor Aqidah dan Filsafat Islam), Assoc. Prof. Dr. Syamsuri MSi (Kaprodi Magister Hukum Ekonomi Syariah), Assoc. Prof. Dr. Yoyok Suyoto Arief, M.Si (Dosen Magister Hukum Ekonomi Syariah), Dr. Ir. Muhammad Ridlo Zarkasyi, MM (Dosen Fakultas Ekonomi Manajemen) dan Ustadz M. Akrimul Hakim (Pimpinan Majalah Gontor).

    Wakil Direktur I Bidang Akademik, Inovasi, dan Kemahasiswaan Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor, H. Hendri Tanjung, PhD., mengatakan kegiatan ini diawali dengan diskusi hangat mengenai bagaimana langkah awal untuk membuka Program Studi Doktor (S3) hingga mendapat Akreditasi.

    "Kami juga membahas mengenai Kurikulum Pembelajaran Doktor Ekonomi Syariah yang berjalan dengan baik," kata H. Hendri.

    Selain Wakil Direktur Bidang akademik, hadir pula Prof. Dr. H. Didin Hafidhuddin, Ms., selaku Direktur Sekolah Pascasarjana dan perwakilan Rektorat Ibu Prof. Dr. Hj. Memunah Syadiah, M.Ag., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Dr. Renea Shinta Aminda, S.E., M.M., Kepala Kantor Penjaminan Mutu dan Audit Internal UIKA, menyambut kunjungan rombongan. 

    Dalam sambutannya, Direktur Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor,  Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin Maturidi, MS menyatakan rasa senangnya karena UNIDA Gontor berkunjung ke UIKA Bogor. “Ini rihlah ilmiah merupakan tradisi salafussholeh untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman serta ukhuwah Islamiyah, itu yang terpenting,” tuturnya.

    Wakil Rektor 2 UNIDA Gontor Assoc. Prof. Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A mengungkapkan, tujuan dari benchmarking ini untuk mengumpulkan informasi dan belajar bagaimana membuka program doktor ekonomi syariah, melalui pengalaman dari beberapa perguruan tinggi program doktoral.

    Dr Setiawan menambahkan, UNIDA memiliki 7 Fakultas dan 18 Prodi yang telah terakreditasi melalui Badan Akreditasi Nasional. Ia berharap dari kunjungan ke beberapa perguruan tinggi ini bisa memberikan masukan yang terbaik untuk melangkah ke tahap berikutnya.

    Usai kegiatan dan shalat Jumat, rombongan selanjutnya melakukan kunjungan ke gedung rektorat yang berada di lantai tiga masjid. Sambutan hangat pun datang dari Rektor UIKA Bogor, Prof. Dr. H.E. Mujahidin, M.Si.

    “Kami senang UNIDA Gontor sudah berkunjung ke UIKA Bogor. Semoga kita bisa saling belajar untuk pengembangan kampus ke depan,” ungkapnya. (Humas/Ne2)