Pemkot Bogor Menggandeng Kampus dan Lemlit Dongkrak Kreatifitas Masyarakat Di Masa Pandemi

Kersajama

    • 97 Lihat

    Pemkot Bogor Menggandeng Kampus dan Lemlit Dongkrak Kreatifitas Masyarakat Di Masa Pandemi

    Dorong kreativitas masyarakat pada masa pandemi covid Pemerintah Kota Bogor Libatkan Perguruan Tinggi dalam event Kreativitas Inovasi Urang Bogor (KRIBO) Tahun 2021. Universitas Ibn Khaldun turut ambil bagian sebagai dewan juri dalam kegiatan ini.

    Wakil Walikota Bogor, Dedie A. Rachim di Kantor Balaikota Bogor 27/8/21 menjelaskan, upaya pemerintah menggandeng kampus dan lembaga litbang sebagai usaha mendongkrak perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19 dengan ide ide kreatif dan Inovatif.

    “Kompetisi KRIBO bertujuan untuk memfasilitasi segala inovasi dan kreativitas masyarakat Kota Bogor. Diharapkan sinergi pemerintah dengan perguruan tinggi dan lembaga litbang menjadi modal penting bagi Kota Bogor untuk mendorong terlahirnya Inovator – Inovator yang dapat bersaing baik ditingkat lokal, maupun Nasional,” Ujar Dedie dalam sosialiasi kompetisi Kribo bersama pejabat pemkot.

    Dalam kesempatan tersebut dewan juri dari Universitas Ibn Khaldun Bogor Dr. Ir. Budi Susetyo, M.Sc Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Inovasi dan Pengembangan Universitas Ibn Khaldun Bogor menjelaskan, adalah kewajiban bagi perguruan tinggi mendukung  percepatan pembangunan yang di programkan pemerintah dalam situasi pandemi ini.
    “Terselenggaranya event ini menunjukkan kepercayaan pemkot kepada kami untuk mendukung program pemerintah dalam memacu percepatan ekonomi pada masa pandemi ini. Tim Juri akan bekerja profesional dalam menilai karya inovasi warga Kota Bogor dalam kompetisi ini, sehingga diharapkan ide solutif dan kreatifitas masyarakat dapat tersalurkan,” jelas Budi lebih lanjut.


    Lebih lanjut Dosen Teknik Informatika ini menjelaskan, Universitas Ibn Khaldun Bogor memiliki tanggungjawab moril untuk mencarikan solusi bagi masyarakat Bogor dapat melewati situasi pandemi ini dengan selamat. Dosen Teknik Informatika ini juga meyakini, kehadiran kampus dan lembaga litbang merupakan wujud pengabdian masyarakat dalam situasi saat ini. Dengan kapasitas yang dimiliki UIKA diharapkan akan terwujud Kreasi Inovasi masyarakat. 
    Selain UIKA Pemkot Bogor turut serta melibatkan IPB, Pusat Litbang Inovasi Daerah-BPP kemendagri, Badan Litbang Daerah (BP2D Jabar), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),  yang nantinya akan bertugas memberikan penilaian untuk kreativitas dan inovasi dalam kompetisi yang akan diselenggarakan. 


    Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah Drs. Matheos Tan, MBA mengatakan bahwa Inovasi adalah kunci kinerja Pemda untuk peningkatan daya saing daerah, sekecil apapun inovasi tersebut. Dengan kondisi pandemi harus beradaptasi dan juga berinovasi yang menghasilkan dampak sosial dan ekonomi, sehingga diperlukan kerjasama antar aktor inovasi agar saling berkolaborasi. 


    Besar harapan para juara nantinya dapat mendukung usaha pemerintah dalam menyongsong percepatan ekonomi yang terpuruk akibat pandemi. Bagaimana pun semua pihak harus saling bersinergi bergerak bersama mencari solusi untuk bangkitnya perekonomian masyarakat.