Pengukuhan Guru Besar, Prof. Dr. Maemunah Sadiyah, S.Ag., M.Ag., Bahas Generasi Stroberi.

Info Akademik

    • 112 Lihat

    Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Kembali Kukuhkan 4 Guru Besar Baru di Tahun 2023 ,  salah satu diantaranya adalah Prof. Dr. Maemunah Sadiyah, S.Ag., M.Ag., yang dikukuhkan menjadi Guru Besar bidang ilmu Perencanaan Pembelajaran sesuai SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia berNomor:  31043/M/07/2023.

    Orasi Ilmiah disampaikan di Auditorium Prof. Abdullah Siddiq, pada Sabtu (23/12/2023) dengan mengangkat Tema “ merencanakan lahirnya sumber daya terpelajar dalam perspektif pendidikan Islam”.

    Prof. Mae menjelaskan Tema ini muncul sebagai respon terhadap maraknya fenomena tentang bermunculan  generasi Stroberi yang ada saat ini di tengah masyarakat.

    "Generasi stroberi adalah generasi cukup terpelajar karena mereka pada umumnya terlahir dari kalangan menengah atas,  mereka memiliki kecerdasan yang baik, kreativitas yang tinggi dan memiliki  kemampuan beradaptasi dengan teknologi informasi yang handal layaknya buah  stroberi yang memiliki penampilan menarik" Jelasnya.

    Di samping karakter positif yang dimiliki generasi ini, menurutnya terdapat sejumlah persoalan mendasar  yang menjelma menjadi karakter negatif mereka.

    "Beberapa contoh yang ada dalam generasi stroberi diantaranya,   Sosok ini digambarkan sebagai individu yang mudah merasa terluka atau sensitif, mudah menyerah dan gampang sakit  hati, mirip dengan kelemahan fisik buah stroberi, Generasi Stroberi dikategorikan sebagai generasi yang lemah secara emosional dan fisik, memiliki ketahanan rendah terhadap tekanan, dan cenderung menghindari konflik. "Papar Prof. Maemunah

    Lebih Lanjut Prof. Maemunah yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor 1 Bidang Akademik  ini menyampaikan Keadaan generasi seperti itu haruslah menjadi pemikiran semua pendidik untuk ditemukan solusi mengatasi, karena generasi muda kini adalah pemimpin bagi masa depan bangsa dan agama.

    "Jika mereka yang dianggap terpelajar saja memiliki mental serapuh itu, apalah yang dapat diharapkan dari mereka yang dianggap tidak terpelajar,Saya berpendapat perlu penggalian mendalam terhadap ayat-ayat Al-Quran yang menggambarkan sosok terpelajar, sosok  yang mampu mengaktualisasikan potensi kecerdasannya karena mampu meningkatkan potensi kecerdasan dengan ayat-ayat Allah baik ayat qauliyah maupun ayat kauniyah, Sosok ini bernama Ulul Albab. Ulul Albab disebut 16 x atau ada 16 ayat yang membahas tentang sosok Ulul Albab " Jelasnya.

     

     

    Melalui Karakteristik yang dimiliki Ulul Albab, Prof Mae menyampaikan dapat dikelompokkan menjadi 3 kecerdasan utama manusia; yaitu  kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.

    "Pengembangkan kecerdasan intelektual ini pembelajarannya dapat diarahkan dengan pendekatan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

    Pendekatan ini jelasnya, mengirimkan pelajar untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu kemampuan menganalisis, mengevaluasi dan kemampuan memproduksi ide-ide baru  hingga mengasah kemampuan kritis.

    Selanjutnya kecerdasan emosional dapat dibangun dengan menjelaskan salah satu tujuan mempelajari ilmu pengetahuan adalah untuk memberdayakan masyarakat, memberikan manfaat, memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat, dan Kecerdasan Spiritual  diantaranya dapat dibangun dengan menyediakan waktu. tenaga dan kemampuan untuk membantu sesama. "Paparnya.

    Di akhir orasinya Prof. Maemunah menyampaikan Pentingnya Peran tenaga pengajar dalam mengimplementasikan perencanaan pembelajaran yang baik bagi generasi ini.

    "Merencanakan pembelajaran merupakan bagian dari tugas administrasi guru/dosen/pendidik, maka untuk tercapainya tujuan pembelajaran dan tujuan pendidikan maka sangat penting menyusun perencanaan yang tidak hanya  fokus pada tersampaikannya bahan ajar, namun memperhatikan pengembangan berbagai kecerdasan, mulai dari terasahnya kecerdasan intelektual melalui pendekatan HOTS dengan metode saintifik, juga sangat penting juga  mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual para pelajar" Pungkasnya.