thumb
  • Try
  • 0 Komentar
  • 531 Melihat
  • 0 Suka

Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor gelar silaturahmi bagi dosen tetap pada Rabu (15/09/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium K.H. Abdullah Shiddiq tersebut dihadiri oleh 153 dosen tetap dari 6 fakultas dan sekolah pascasarjana di UIKA Bogor. 

Diselenggarakan dalam rangka silaturahmi dan persiapan kuliah semester Ganjil Tahun akademik 2022/2023 kegiatan ini diisi oleh pemaparan materi dari 3 tokoh penting UIKA Bogor diantaranya, Prof. Dr. K.H. Didin Hafiduddin, M.Sc., Ketua Senat, Dr. H. Didi Hilman, SH., MH., M.Pd.I., Ketua Yayasan Pendidikan Ibn Khaldun (YPIKA) dan Prof. Dr. H.E. Mujahidin, M.Si., Rektor UIKA Bogor.

Pemaparan materi pertama yang disampaikan oleh Prof. Dr. K.H. Didin Hafidhuddin, M.Sc., dengan tema memperteguh nilai-nilai kepribadian dosen UIKA. Pada penyampaian materi yang sarat akan makna tersebut berisi poin-poin penting diantaranya Pertama, meluruskan niat dalam proses belajar mengajar (PBM) hanya karena Allah SWT; Kedua, menguatkan amanah keilmuan (mengajarkan dan menyebarkan serta selalu berusaha menambah ilmunya);  Ketiga, Menjaga akhlak dan adab ketika mengajar, menjaga kebersihan hati dan pikiran, sekaligus menjaga kebersihan badan dan pakaian; Keempat, Berusaha menjadi teladan bagi para mahasiswa, teladan dalam ibadah (shalat berjamaah di masjid) teladan dalam sikap dan gaya hidup.

Materi selanjutnya yang disampaikan oleh Ketua YPIKA, Dr. Didi Hilman, SH., MH., M.Pd.I, dengan tema UIKA sebagai Kampus Perjuangan, mengajak kita kembali untuk selalu mengingat bahwa UIKA didirikan oleh para tokoh pejuang dan ulama yang salah satunya diabadikan menjadi nama jalan yang membentang sejauh 5 kilometer didepan kampus UIKA, yaitu KH. Sholeh Iskandar. 

Maka dari itu, harus senantiasa menjaga marwah sebagai kampus perjuangan serta mewujudkan cita-cita UIKA untuk membuat kampus terpadu 2050 mendatang.

Sebagai penutup acara, diisi oleh pemaparan materi dari Prof. Dr. H.E. Mujahidin, yang memaparkan tentang perkembangan UIKA selama dua tahun. Atas pencapaian-pencapaian UIKA selama 2 tahun kebelakang beliau mengajak seluruh dosen di civitas akademik UIKA untuk terus mengimplementasikan tri darma perguruan tinggi. 

Selain itu beliapun memaparkan  tugas dan kewajiban dosen diantaranya, memenuhi kewajiban BKD dan LKD dengan cara melaksanakan pendidikan dan pengajaran 12-16 SKS setiap semester, melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah,  melakukan pengabdian masyarakat dan melaksanakan kegiatan penunjang, selanjutnya memenuhi tugas membimbing, baik melakukan pembimbingan akademik, Magang, penulisan ilmiah dan tugas akhir serta melaksanakan tugas menguji baik menguji pada UAS dan UTS, penguji komprehensif dan Ujian Sidang Skripsi.

Dengan terlaksananya silaturahmi dosen tetap ini, diharapkan dosen meningkatkan produktivitasnya di bidang pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat sehingga selain untuk memenuhi BKD dan LKD yang dilaporkan pada Portal SISTER DIKTI, bisa menaikkan skor afiliasi universitas di portal SINTA Kemendikbud. (humas/try)


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor