Prodi Bisnis Digital UIKA Bogor selenggarakan Workshop Pembelajaran Digital

Merdeka Belajar Kampus Merdeka

    • 9 Lihat

    Prodi Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis sukses selenggarakan Workshop pembelajaran digital pada Kamis, 29 Agustus 2024. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Conference Rektorat UIKA Bogor yang diselenggarakan secara hybrid, dengan mengambil tema "Transformasi Digital dalam Pendidikan Tinggi : Menyongsong Society 5.0". Kegiatan ini menghadirkan 2 narasumber diantaranya Prof. Dr. Hj. Maemunah Syadiah, M.Ag., selaku Wakil Rektor Bid. Akademik UIKA Bogor
    dan Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd., Pakar pembelajaran Digital Universitas Negeri Jakarta yang juga Tim Belmawa Dikti.

    Asti Marlina, S.E., M.M.S.I., CDMP., selaku Kepala Prodi Bisnis Digital menyampaikan pentingnya memahami transformasi pembelajaran digital bagi mahasiswa maupun bagi tenaga pendidik (dosen). Pembelajaran sekarang tidak seperti dahulu yang manual dan sekarang kita bisa melakukan kegiatan belajar dari manapun. Sehingga dengan adanya kegiatan ini semoga kiat-kiat atau ilmu dari narasumber bisa kita adaptasi dalam model pembelajaran kita.

    Prof. Dr. Hj. Maemunah Syadiah, M.Ag., selaku Wakil Rektor Bid. Akademik sebagai narasumber pada kegiatan ini menyampaikan materi tentang mempersiapkan generasi masa depan dengan teknologi dan inovasi. Prof. Maemunah menyampaikan ada 3 hal penting tentang pembelajaran digital, pertama untuk memenuhi kebutuhan pendidikan abad 21, kedua meningkatkan aksesibilitas dan personalisasi pembelajaran dan ketiga mempersiapkan siswa untuk dunia kerja yang semakin digital.

    "Kesimpulannya transformasi digital adalah kunci untuk menyesuaikan pendidikan dengan era Society 5.0. Penting untuk menghadapi tantangan dengan strategi yang tepat dan investasi berkelanjutan. Kolaborasi antara pemerintah, institusi pendidikan, dan industri diperlukan untuk mencapai tujuan ini" tutup Prof. maemunah di akhir pemaparannya.

    Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd. menyampaikan materi dengan tema mengenal lebih dekat pembelajaran daring. Beliau menyampaikan tantangan bagaimana menciptakan pengalaman belajar (Creating learning experience) dalam pembelajaran daring dengan apapun teknologi digitalnya maka tujuannya adalah menciptakan pengalaman belajar. Jadi bagaimana terjadi itu pengalaman belajar, bagi teman-teman yang kaitannya dengan digital business atau business digital, itu adalah creating business experience dengan digital technology.(Humas/Pdu)