Prodi Kesmas pamerkan hasil kegiatan luar kampus, bukti kontribusi mahasiswa FIKES dalam MBKM

Info Fakultas

    • 210 Lihat

    Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Selenggarakan Pameran hasil kegiatan luar kampus  Program Studi Kesehatan Masyarakat yang telah sukses digelar di 33 mitra institusi dengan memamerkan berupa karya poster bersisi dokumentasi hasil kegiatan dan karya selama berkegiatan luar yang diselenggarakan di ruang terbuka FIKES,  Selasa (19/12/2023). 

    Kegiatan ini melibatkan 93 mahasiswa, 21 dosen pendamping, dan 33 pembimbing lapangan dari berbagai lembaga, termasuk Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, perusahaan swasta, dan rumah sakit, sebagaimana yang disampaikan Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat, Siti Khodijah Parinduri, S.K.M., M.K.M. 

     

    Pameran ini menurutnya, merupakan rangkaian dari program Public Health Internship, Public Health Goes to Society, Praktik Belajar Lapangan, dan Latihan Kerja Peminatan Program Studi Kesehatan Masyarakat. Peserta hadir dengan memamerkan hasil kajian dan intervensi yang telah dilakukan selama program Magang Berbasis Kampus Merdeka (MBKM) di luar kampus.

    Siti Khodijah menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan capaian kompetensi lulusan prodi kesehatan masyarakat melalui pembelajaran di luar kampus dengan mitra institusi kesehatan dan perusahaan. Dalam pameran ini, mahasiswa mempresentasikan hasil project-based learning outcome yang mencakup berbagai aspek kesehatan masyarakat.

     

    "Pameran ini tidak hanya sekedar menunjukkan hasil kerja mahasiswa, tetapi juga merupakan bentuk nyata dari kontribusi positif terhadap masyarakat. Melalui kolaborasi dengan mitra institusi, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman nyata di dunia kerja, tetapi juga dapat memberikan dampak positif pada peningkatan kesehatan masyarakat," ungkap Siti Khodijah.

    Pameran ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan solusi inovatif dalam menanggapi tantangan kesehatan masyarakat. Dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk dosen pendamping dan pembimbing lapangan, program ini membuka peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan soft skill dan hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

    Melalui kegiatan ini, Khodijah berharap, mahasiswa tidak hanya menjadi lulusan yang kompeten secara akademis, tetapi juga individu yang siap menghadapi tantangan dunia kerja. Dengan demikian, pameran ini bukan hanya sebuah showcase akhir, tetapi awal dari kontribusi berkelanjutan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

    Pameran hasil kegiatan luar kampus ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi program studi lainnya dalam mengembangkan model pembelajaran yang berorientasi pada praktik nyata dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat.