Pulang Studi Banding dari Unjani Cimahi, 46 Organisasi Mahasiswa Fikes Kantongi Kerja Sama Strategis

Info Fakultas

    • 49 Lihat

    Sebanyak 46 mahasiswa dari Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menggelar studi banding ke Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), Cimahi.

    Ketua BEM Fikes UIKA Bogor, Ramdani mengatakan studi banding tersebut merupakan salah satu program kerja pihaknya sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar kedua lembaga.

    "Studi banding yang kami lakukan adalah suatu bentuk program kerja dari BEM Fikes. Kegiatan ini guna meningkatkan silaturahmi dan tukar pikiran antara Fikes UIKA dengan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan (FITKes) Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi," katanya, Rabu (7/2/2024).

    Kegiatan itu juga didampingi langsung  PLH Wakil Dekan Kemahasiswaan, Kerjasama dan Dakwah yaitu Bapak Andreanda Nasution, S.K.M.,M.Kes. serta mendapatkan respons hangat dari FITKes Unjani.

    Stundi banding tersebut nantinya akan memunculkan kerjasama antara BEM Fikes UIKA Bogor dengan BEM FITKes Unjani.

    "Studi banding ini menghasilkan bentuk kerjasama antara dua lembaga organisasi mahasiswa, guna meningkatkan pengetahuan dan perkembangan dalam bidang kesehatan, dan bentuk koalisi ini tidak hanya sebatas ketika pelaksanaan studi banding, tetapi akan terus berkelanjutan kedepannya," ujarnya.

    Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) sengaja dijadikan tempat studi banding, mengingat kampus tersebut sudah menyandang akreditasi unggul dari pemerintah.

    "FITKes Unjani menjadi tujuan studi banding karena terdapat program studi kesehatan masyarakat yang sudah mengantongi akreditasi unggul dan fasilitas kampus yang dimiliki cukup mumpuni," ungkapnya.

    Dirinya berharap dengan adanya kegiatan studi banding ini dapat memberikan dampak positif bagi Fikes UIKA Bogor dan FITKes Unjani.

    "Target capaian dari pelaksanaan kegiatan ini adalah menambah wawasan pengetahuan tentang keorganisasian mahasiswa dilingkungan kampus, agar terciptanya Sumber Daya Manusia Kesehatan (SMDK) yang mahir dan terlatih dalam bidang keorganisasian, guna bermanfaat bagi khalayak umum," harapnya.

    Sekadar diketahui, 47 perwakilan Fikes UIKA Bogor yang mengikuti studi banding ke FITKes Unjani terdiri dari 13 mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Hima Kesmas), 11 mahasiswa dari Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fikes.

    Selanjutnya, 18 mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fikes, 4 mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Gizi (Hima Gizi) Fikes dan PLH Wakil Dekan Kemahasiswaan, Kerjasama dan Dakwah. (Humas/Ne2)