Rekatkan Ukhuwah, ASKI dan LDK Kolaborasi Gelar Kajian, Buka Bersama dan Bagi Takjil Gratis

Info Kampus

    • 83 Lihat

    Unit Kegiatan Mahasiswa Asisten Kajian Islam (ASKI) dan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al Intisyar Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor selenggarakan kajian bertajuk "Rekatkan Ukhuwah Maksimalkan Dakwah di Bulan yang Penuh Berkah", berlokasi di Masjid Raya Al Hijri 2, pada Sabtu (30/03/2024).

    Muhammad Fakhri Imron, selaku Ketua Umum UKM ASKI menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan kolaborasi yang bertujuan untuk merekatkan ukhuwah antar aktivis dakwah kampus di bulan Ramadhan ini. "Semoga dengan berkolaborasi, persaudaraan dan kebersamaan antar aktivis dakwah bisa semakin dekat", tambahnya.

    Pada kajian yang diisi oleh Ustadz Samsam Nurhidayat disebutkan, beliau menjelaskan, bahwa persaudaraan bagi umat Islam, adalah persaudaraan yang terjalin bagi setiap mereka yang bersyahadat. "Saat ini jumlah orang Islam di dunia ada 2,19 Miliar, sedangkan umat Yahudi hanya 15 Juta lebih. Tapi kenapa sampai hari ini Palestina masih terjajah oleh Yahudi?"

    "Jawabannya karena banyak kaum muslim yang hanya sebatas jadi orang Islam, belum benar-benar beriman. Sebab Allah SWT menjanjikan kejayaan kepada orang yang beriman, bukan orang Islam. Orang beriman sudah pasti Islam, namun tidak sebaliknya", ucapnya.

    "Alasan lain Palestina masih dijajah karena umat Islam saat ini masih lemah dalam hal ukhuwah. Oleh karenanya kita harus bisa bersatu, sesuai dengan perintah Allah yang sudah tertulis di beberapa ayat dalam Al Quran".

    Beliau juga menjelaskan bahwa ukhuwah terdiri dari dua rukun, yaitu Ta'aruf dan Tafahum. "Ta'aruf berarti mengenal karakteristik seseorang sehingga akan muncul rasa saling menyayangi karena Allah SWT". Sedangkan Tafahum berarti saling memahami satu sama lain."

    "Sebagai seorang aktivis juga harus mencontohkan hal baik kepada yang lain, seperti memasang muka yang menyenangkan, mengingatkan dalam kebaikan, dan berusaha untuk selalu lebih baik lisan perbuatan dibandingkan dengan lisan ucapan", pesannya.

    Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 50 peserta itu dilanjutkan dengan berbagi Takjil kepada masyarakat sekitar kampus dan diakhiri dengan buka bersama. (Humas/MJ).