Rektor UIKA Bogor lepas 920 mahasiswa untuk berKKN di Kota dan Kabupaten Bogor

Info Akademik

    • 678 Lihat

    Rektor Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor melepas 920 mahasiswa semester 6 untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN).

    Pelepasan ratusan mahasiswa itu berlangsung di Masjid Ibn Khaldun pada Senin (15/7/2024).

    Ketua Panitia, Prof. Dr. Hj. Immas Nurhayati, S.E., M.S.M., menyampaikan KKN dimulai pada 15 Juli sampai 31 Agustus, dan akan menempatkan para mahasiswanya di 7 Kecamatan, 28 Desa dan 10 Kelurahan Kota/Kabupaten Bogor.

    “KKN reguler ini diikuti oleh 920 mahasiswa, berasal dari beberapa program studi yang ada di UIKA Bogor, yang akan ditempatkan di beberapa Kecamatan Kota dan Kabupaten Bogor,” kata Prof. Immas.

    Prof. Immas menyebut mahasiswa dibagi menjadi 38  kelompok dengan jumlah maksimum kelompok  20 orang mahasiswa yang akan dibimbing oleh satu dosen di lapangan.

    “KKN 2024 ini juga memiliki 5 target Key perporma Index (KPI) yang handak dicapai diantaranya, OVOP (One Village One Produk), Zero Stunting, Program inovasi, literasi, serta kesejahteraan sosial  pengentasan kemiskinan ekstrem. Nanti mereka akan berkoordinasi dengan para dosen pembimbing lapangannya masing-masing,” jelasnya.

    Prof. Immas juga berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan tidak adanya kendala apapun bagi para mahasiswa KKN 2024.

    Sementara itu Rektor UIKA, Prof. Dr. H.E. Mujahidin, M.Si., memberikan pesan kepada para mahasiswa KKN 2024, yang pertama niatkan dengan iklas  untuk membantu masyarakat.

    “Kedua, perlihatkan kinerja yang tinggi. Ketiga menjaga maruah UIKA Bogor, terakhir ketika para mahasiswa melaksanakan KKN jangan sampai melakukan yang dilarang oleh Allah SWT, jangan sampai meninggalkan perintah Allah SWT. Para mahasiswa harus menjadi duta yang melaksanakan perintah Allah SWT terutama salat,” papar Prof. Mujahidin.

    “Selamat mengabdi kepada masyarakat niatkan ikhlas insyaallah yang dikorbankan tenaga, pikiran kemudian harta itu akan diganti oleh Allah dengan berlipat ganda,” tutupnya. 

    Setelah dilakukan pelepasan, para mahasiswa KKN 2024 langsung ditugaskan menuju lokasi KKN sesuai dengan penempatannya.

    Salah satu mahasiswa KKN 2024 Prodi Ekonomi Islam, Wisnu Ramadhan mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. 

    Pasalnya, kegiatan ini melibatkan para mahasiswa dari berbagai Prodi maupun Fakultas.

    “Alhamdulillah hari ini kami akan menjalani kegiatan KKN di Kelurahan Gunung Batu. InsyaAllah kami akan berusaha semaksimal mungkin dan menjaga nama baik UIKA Bogor,” tandasnya. (Humas/Ne2)