Ribuan Mahasiswa Baru UIKA Bogor pekan ini, mulai ikuti Pekan Taaruf 2024

Info Fakultas

    • 516 Lihat

    Ribuan mahasiswa baru Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor antusias ikuti pekan Ta'aruf dan wawasan kebangsaan TA. 2024/2025 di lingkungan kampus UIKA Bogor  Jl. KH. Sholeh Iskandar pada 7 sd. 14 September 2024.

    Hadir dengan mengenakan kaos hijau lengkap dengan topi rimbanya serta seragam lainnya sesuai ketentuan, mereka dengan suka cita dan antusias mengikuti program tersebut sebagai bagian pengenalan kehidupan kampus yang diselenggarakan dalam rangka penyambutan  mahasiswa baru di tahun ini.

    Humas sekaligus Koordinator Acara Pekan Ta'aruf UIKA Bogor Nurdin Al Azies menuturkan di tahun ini pendaftar mahasiswa baru di UIKA Bogor mencapai 3700 an pendaftar, namun demikian  total mahasiswa yang kami diterima  sebanyak 2348  mahasiswa, jelasnya.

    "Iya Alhamdulillah, pekan ini merupakan pekan awal mahasiswa baru beraktivitas di kampus, diawali dengan pelaksanaan ta'aruf. Merupakan kegiatan pengenalan kehidupan kampus yang kita kemas dengan have fun, dimana mereka disambut dengan antusias oleh kaka-kaka tingkatnya, mereka berkesempatan tour kampus, mengunjungi semua fasilitas yang ada, diperkenalkan dengan struktural dari pimpinan tertinggi seperti yayasan, rektorat, senat, dekanat, kepala-kepala lembaga, hingga prodi dan dosen serta tak lupa organisasi kemahasiswaan kampus dan unit-unit kegiatan mahasiswa juga turut terlibat." Terang Azis.

    Sementara itu, rektor UIKA Bogor, Prof. Dr. H.E. Mujahidin, M.Si., menyampaikan ucapan selamat datang kepada para mahasiswa baru,  kepada mereka, ia berpesan tiga hal.

    "Pertama kita harus bersyukur dimana adik-adik saat ini bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Sehingga kalian harus memanfaatkan waktu kuliah dengan baik sehingga lulus tepat waktu. Kedua kalian masuk ke UIKA Bogor ini, selain untuk menuntut ilmu, bertekadlah untuk menjadi pemimpin di masa depan yang membangun demi kepentingan masyarakat. Oleh karena itu harus mempersiapkan kompetensi agar mempunyai skill yang bisa teruji di masa mendatang. Ketiga adalah perbanyak relasi atau kerjasama untuk mempermudah meraih cita-cita" ucap Rektor saat pembukaan Ta'aruf.

    Kegiatan yang diselenggarakan satu minggu penuh ini, selain mendapatkan materi seputar dunia kampus yang disampaikan oleh pimpinan UIKA, para mahasiswa baru juga dibekali dengan materi Wawasan Kebangsaan Dan Nilai-Nilai Bela Negara dari Kementrian Pertahanan, yang kali ini diamanahkan kepada bapak  Dr. Abdur Rahim, MM., M.Han., dari Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kemhan RI. Beliau menyampaikan pentingnya mahasiswa mengimplementasi nilai-nilai berbangsa dan bernegara untuk persatuan dan kesatuan bangsa, dimana saat ini jangan sampai khususnya di lingkup mahasiswa kita dipecah-pecah oleh beberapa kepentingan untuk menjauhi pentingnya membela negara.

    Dr. Samsuri, M.T. selaku Kepala LLDIKTI Wil. IV, Jawa Barat dan Banten juga menyampaikan materi Karakter Mahasiswa di Era 4.0. "Ada 6 karakter yang harus dimiliki oleh mahasiswa 4.0 diantaranya kreativitas, keterampilan teknologi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan problem solving, kemampuan adaptasi, serta etika dan tanggung jawab digital" ucap Dr. Samsuri.

    Beliau menyampaikan pentingnya mewujudkan kampus yang sehat, aman dan berprestasi dengan menjauhi narkoba, stop bullying, tolak kekerasan dan hindari judi online. Dengan menghindari 4 hal ini insyaallah akan menjadikan kalian (peserta ta'aruf) menjadi mahasiswa yang berkarakter sesuai dengan perkembangan zaman kedepan. serta banyak lagi materi-materi lainnya diantaranya turut hadir perwakilan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia yang memberikan penawaran program Beasiswa Khusus untuk Mahasiswa UIKA Bogor. (Humas/Pdu)