Sambut Mahasantri Baru 2023, PPMS Ulil Albaab selenggarakan Taaruf dan Seminar Pendidikan

Info Akademik

    • 262 Lihat

    Pondok Pesantren mahasiswa dan Sarjana (PPMS) Ulil Albaab mengadakan Ta'aruf dan Seminar Pendidikan, pada hari ahad tanggal 08/11/2023. 

    Acara Ta'aruf merupakan acara tahunan dalam rangka menyambut mahasantri baru, kegiatan Ta'aruf kali ini diadakan sekaligus dengan seminar pendidikan. 

    Seminar ini membahas beberapa tema penting seputar pendidikan dan pesantren dengan menghadirkan pemateri dari kalangan majelis guru PPMS Ulil Albaab seperti,  Dr. H. Ibdalsyah, MA., yang menyampaikan tema "Adab dan Akhlak Menuntut Ilmu", Dr. H. Akhmad Alim, Lc.,MA., dengan materi "Komitmen Menyelesaikan dan Menjaga Hafalan", Dr. Hambari, M.IRKH., dengan materi "Ta'aruf dan Internalisasi Nilai-Nilai Ulil Albab" dan dosen pakar UIKA bogor Dr. Hj. Imas Kania Rahman, M.Pd.I., dengan materi "Menjadi Mahasantri dan Mahasiswa yang Berprestasi dan Berkarakter Unggul".

    Acara yang dihadiri seratus tiga puluh mahasantri diantaranya mahasantri baru 28 orang akhwat dan 26 orang ikhwan.

    Diawali dengan sambutan Pimpinan PPMS Ulil Albaab Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS., dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya peran pesantren dan para Kiai dalam perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan, dan sekarang dalam mengisi kemerdekaan perlu peran dari para alumni pesantren.

    Beliau mencontohkan sosok pendiri pesantren Ulil Albaab KH. Sholeh Iskandar sebagai Ulama Pejuang yang saat ini dalam pengajuan untuk memperoleh gelar Pahlawan Nasional. 

    Begitu juga ketua Yayasan Pendidikan Islam Ibn Khaldun Bogor sebagai lembaga yang menaungi PPMS Ulil Albaab Dr. H. Didi Hilman, SH, MH, M.Pd.I., beliau mengapresiasi dengan perkembangan dan kemajuan Ulil Albaab yang para santri dan lulusannya sudah berkiprah diberbagai lembaga pemerintah dan masyarakat dengan berbagai profesi dan jabatan. 

    Terlebih sekarang Ulil Albaab sangat memberi perhatian dalam agenda tahfidz Al Quran. "Yayasan mengagendakan akan membuat bangunan baru yang lebih besar untuk pesantren Ulil Albaab di dekat bangunan Pasca" ucap beliau yang juga merupakan putra KH. Sholeh Iskandar. 

    Ditengah kegiatan ini diadakan wisuda bagi empat mahasantri yang telah lulus tahun ini, yaitu:
    1. Andrian Nurcahya/PAI/ 3.90/ 30 juz
    2. Anwar Siroz/PAI/ 3.91/ 30 juz
    3. Ibrohim/PAI/ 3.90/ 30 juz
    4. Orion Iskandar/ Ilmu Hukum/ 3.71/15 juz

    Semuanya merupakan mahasiswa berprestasi, bahkan salah satunya merupakan lulusan terbaik tingkat Universitas pada wisuda UIKA tahun ini atas nama Anwar Siroz, S.Pd.

    Sekretaris Umum PPMS Ulil Albaab Dr. Hambari, M.IRKH, berharap dengan adanya taaruf dan seminar pendidikan ini para mahasantri memahami esensi menuntut ilmu di pesantren yaitu untuk tafaqquh fiddin dan juga memahami visi misi para pendirinya yang merupakan para ulama pejuang seperti KH. Sholeh Iskandar dan Dr. Mohammad Natsir.