thumb
  • AL
  • 0 Komentar
  • 419 Melihat
  • 0 Suka

Kasiops Korem 061/Suryakancana, Kolonel Inf Sigit Purwanto hadir sebagai pemateri dalam rangka Pekan Ta'aruf & Wawasan Kebangsaan Mahasiswa Baru Universitas Ibn Khaldun Bogor T.A. 2022/2023, bertempat di Kampus UIKA Bogor. Rabu (7/9/2022). 

Dalam Kesempatan tersebut Korem 061/Surya Kancana mendapat kehormatan untuk mengisi kuliah dengan materi tentang Kehidupan Berbangsa, Bernegara, dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara kepada 1.500 Mahasiswa Baru UIKA Bogor. 

Melalui paparannya, Kolonel Sigit menyebut era revolusi industri 4.0 atau era disruptif membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia hal ini disebabkan pesatnya perkembangan teknologi. Tak hanya dampak positif perkembangan revolusi juga membawa tantangan bagi mahasiswa di masa yang akan datang. 

Menurut Sigit yang juga merupakan salah satu dosen tetap di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIKA Bogor, era disruptif menimbulkan berbagai fenomena antara lain : hoax, cyber crime, cyber warfare, terorisme, dan radikalisme. Oleh karenanya Sigit mengingatkan peranan dan tanggungjawab selaku mahasiswa dalam mengatasi berbagai ancaman dan tantangan di era disruptif.

Sigit memotivasi mahasiswa untuk menjadi seperti layaknya genteng kualitas bagus yang mampu melindungi dan memberikan kenyamanan penghuni rumah dari terpaan air hujan dan teriknya matahari. Untuk bisa menjadi genteng yang mampu mengayomi, menjadi contoh, melindungi proses nya tidak mudah. 

“Genteng itu adalah tanah lempung yang diambil, dicangkul, diinjak, dicampur aduk kemudian dibakar dan di jemur. Artinya, untuk menjadi mahasiswa yang tangguh yang mampu menjadi pelindung, pengayom dsb. Anda membutuhkan proses yang tidak mudah.” Ujar Sigit.

Selain kuliah umum, pada kesempataan itu digelar juga pameran Alutsista yang merupakan program Goes To Campus yang dilaksanakan oleh Korem 061/Suryakancana bertepatan dengan kegiatan ta’aruf mahasiswa. Beberapa Alutsista yang dipajang diantaranya ada pistol, senapan laras panjang, mortir, mobil tempur dan lain sebagainya. (humas/Al)


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor