thumb
  • AL
  • 0 Komentar
  • 490 Melihat
  • 0 Suka

 

Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor kembali menorehkan prestasi yang membanggakan melalui bidang publikasi dan penelitian. Kali ini lima (5) jurnal UIKA Bogor berhasil meraih akreditasi Science and Technology Index (SINTA). Hal tersebut berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor : 1429/E5.3/HM.01.01/2022 tentang Pemberitahuan Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode II Tahun 2022 pada Senin (12/12/2022) lalu.

Terdaftar kelima jurnal tersebut mendapatkan peringkat akreditasi yang berbeda. Satu (1) jurnal yang berhasil meraih akreditasi di SINTA 3 yakni Moneter : Jurnal Keuangan dan Perbankan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Sementara Dua (2) jurnal yang berhasil meraih akreditasi di SINTA 4 yakni Neraca Keuangan : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dan Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil (Fakultas Teknik dan Sains) dan terakhir Dua (2) jurnal yang berhasil meraih akreditasi di SINTA 5 yakni Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dan Promotor: Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Fakultas Ilmu Kesehatan).

Saat dihubungi oleh Humas, Ritzkal, S.Kom., M.Kom Kepala Bidang Penelitian dan Inovasi LPPM UIKA Bogor menyampaikan perolehan ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 204/E/KPT/2022, tanggal 3 Oktober 2022 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah periode II Tahun 2022.

“SK nya baru keluar, melalui surat pemberitahuannya Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode II Tahun 2022 tertanggal 12 Desember kemarin.” ujarnya via whatsapp 

Lebih lanjut, Ritzkal mengutarakan perasaan bangganya terhadap capaian yang diperoleh oleh Jurnal-jurnal yang terdapat di UIKA Bogor. Ia melanjutkan bahwa LPPM UIKA Bogor telah melakukan berbagai upaya perbaikan dalam aspek pengelolaan agar jurnal-jurnal di UIKA Bogor dapat terakreditasi dan naik peringkat.

"Pencapaian ini dimulai dengan melakukan pendampingan akreditasi jurnal. Tahun 2022 ini LPPM memanggil 10 Jurnal untuk melakukan re-akreditasi. Dimana dalam prosesnya LPPM mengundang para praktisi atau pakar di bidang Akreditasi Jurnal. Alhamdulillah, pada pengumuman periode II ini, sebanyak 5 jurnal diantaranya telah keluar hasil akreditasinya."

Tidak lupa, Ritzkal juga megucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pengelolaan jurnal di UIKA Bogor, berkat kegigihan mereka bisa membawa jurnal ini terakreditasi.

Hasil ini membawa UIKA memiliki 46 Jurnal secara keseluruhan dengan 28 Jurnal diantaranya terindeks SINTA dan 2 Jurnal bereputasi Internasional. (HUMAS/AL)


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor