Selamat datang IBN Khaldun muda T.A 2020 -2021

Info Kampus

    • 299 Lihat

    UIKA - Pekan Ta'aruf atau yang lebih dikenal dengan istilah Pengenalan Dunia Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor angkatan 2020/2021 telah resmi digelar secara daring, 25 - 27 September 2020  kemarin. 

    Taaruf dibuka langsung oleh Rektor UIKA Bogor, Dr. H.E Mujahidin, M.Si dengan memberikan penyematan tanda peserta kepada perwakilan calon mahasiswa baru dengan disaksikan 1.261 Ibn Khaldun muda yang terbagi atas 1044 (kelas reguller) dan 217 (kelas karyawan), dari berbagai daerah. 


    Dalam sambutannya Rektor berpesan, apapun masalah yang dilalui saat berkuliah tidak boleh menghalangi kalian (mahasiswa) untuk lulus dari UIKA Bogor, "masalah pasti ada tapi apaun masalahnya pasti ada jalan keluarnya jika kita berikhtiar". Memang dalam tahun akademik ini kita tidak dapat bertatap muka langsung,tidak dapat berjabat tangan,  karena memang situasi yang tidak memungkinkan,tetapi itu tidak akan mengurangi ke-eratan kita, tambahnya.


    lebih lanjut rektor mengatakan segenap jajaran civitas akademik UIKA akan menjadi pendorong para mahasiswa baru untuk mensukseskan studi di UIKA Bogor, 
    ia berharap dengan bergabungnya para Ibn Khaldun Muda dapat  berkarir dengan baik dan sukses dunia maupun akhirat kelak.


    Kegiatan yang digelar selama  3 hari ini,  menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Prof. Dr. Uman Suherman as, M.Pd. (ketua lldikti wil 4 Jawabarat dan Banten); Prof. Dr. K. H. Didin Hafidhuddin, M.S.(ketua senat & direktur pascasarjana UIKA Bogor);H. Didi Hilman, S.H., M.H., M.Pd.I (ketua pengurus yayasan pendidikan islam ibn khaldun bogor) dan para pemateri lainnya. 

    Dalam materinya, Prof. Dr. Uman Suherman as, M.Pd, meyampaikan literasi humanis menjadi salah satu poin yang dibutuhkan sekarang. ia menuturkan, Untuk mencapai pribadi terampil dan unggul yang kita perlukan tidak hanya mampu berfikir dan disiplin tapi kita juga harus punya rasa  empati dan mau berbagi kebaikan untuk orang lain. "Saya pikir UIKA sudah mampu memberikan contoh-contoh didalam kehidupan kampus. Tukasnya.


    Sementara Prof. Dr. K. H. Didin Hafidhuddin, M.S. menyampaikan tentang materi islamisasi sains dan kampus (ISK), beliau menjelaskan bahwa, Inti dari ISK adalah ilmu pengetahuan yang kita ajarkan harus selalu ber sumber dan berdasar pada agama, "di kampus UIKA ini,  perilaku dan akhlak dikembangkan. 


    Sementara Itu H. Didi Hilman, S.H., M.H., M.Pd.I dalam pemaparannya membekali para calon mahasiswa baru UIKA tetang sejarah berdirinya kampus UIKA Bogor dari masa ke masa, beliaupun menyampaikan ucapak selamat datang kepada para Ibn Khaldun Muda angkatan 2020 sekaligus berpesan untuk sama-sama membangun kampus UIKA kedepan.