Selenggarakan Halal Bihalal Pasca Libur Lebaran, UIKA Ganti Nama Masjid Jadi Masjid Ibn Khaldun UIKA

Info Kampus

    • 194 Lihat

    Mengawali aktivitas perkantoran pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menggelar halal bihalal bersama seluruh Keluarga Besar UIKA di Masjid Ibn Khaldun UIKA, Jumat (19/4/2024).

    Kegiatan halal bihalal ini juga turut dihadiri Direktur BPRS Amanah Ummah, Pimpinan Ponpes Darul Fallah, Ketua Yayasan RSI Bogor hingga Perwakilan DPRD Kota Bogor.

    Rektor UIKA Bogor, Prof. Dr. H.E. Mujahidin, M.Si. mengatakan halal bihalal ini merupakan agenda rutin setiap bulan syawal sebagai ajang silaturahmi sekaligus pada kesempatan ini kita akan melakukan peresmian pergantian nama Masjid Al Hijri 2 menjadi Masjid Ibn Khaldun UIKA.

    “Alhamdulillah pada momen halalbihalal ini tanggal 10 Syawal insyaallah akan diresmikan perubahan nama Masjid Al Hijri 2 menjadi Masjid Ibn Khaldun UIKA,” kata Prof Mujahidin.

    Uniknya, Masjid Ibn Khaldun UIKA ini dibangun dengan jumlah lima (5) lantai dan 23 pintu atau gate. Jika dikaitkan dengan keIslaman, angka-angka tersebut memiliki makna yang sangat istimewa.

    “Masjid yang kita cintai ini alhamdulillah dibangun dengan sejumlah 5 lantai sesuai dengan jumlah rukun Islam. Jadi Masjid ini harus menjadi penopang dalam menjalankan rukun Islam,” papar Prof Mujahidin.

    “Kemudian pintu/gate sebanyak 23 ini adalah angka masa Rasulullah menerima wahyu dari Allah. Jadi Masjid ini harus menjadi Masjid di mana kita harus mensosialisasikan apa yang diterima Rasulullah,” sambungnya.

    Di samping itu pihak YPIKA mendukung sepenuhnya dengan pergantian nama Masjid Al Hijri 2 menjadi Masjid Ibn Khaldun UIKA.

    “Kami bahagia mendengar perkembangan Masjid Ibn Khaldun UIKA dan mendukung sepenuhnya pergantian nama Masjid. Kami sebagai perwakilan yayasan berharap semoga kegiatan Masjid UIKA juga dapat terus meningkat,” ujar Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Islam Ibn Khaldun (YPIKA) Bogor, H. Didi Hilman., S.H., M.H., M.Pd.I.

    Kegiatan peresmian pergantian nama Masjid Al Hijri 2 menjadi Masjid Ibn Khaldun ini ditandai dengan penandatanganan piagam pergantian nama oleh Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Islam Ibn Khaldun (YPIKA) Bogor, H. Didi Hilman., S.H., M.H., M.Pd.I, yang disaksikan secara langsung oleh Rektor UIKA Prof. Dr. H.E. Mujahidin, M.Si., serta Ketua Senat UIKA Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS. (Humas/Ne2)