Seminar Bisnis dan Entrepreneurship Era Digital 4.0

Info Kampus

    • 913 Lihat

    Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menggelar seminar nasional dengan tema Bisnis dan Entrepreneurship Era Digital 4.0 di gedung aula KH Abdullah Siddiq UIKA Bogor, Selasa (16/10/2018).

    Ketua panitia acara, Anang Yudi Riswanto mengatakan Seminar ini hasil kerjasama antara program studi magister manajemen dengan para alumninya, yakni para alumni yang sudah lulus sekolah magister manajemen.

    “Dengan tujuan ingin memberikan kontribusi kepada ummat, kepada kampus, maupun kepada masyarakat secara umum,” ujarnya kepada wartawan di sela-sela seminar.

    Ia menambahkan, seminar nasional kali ini mengangkat tema bisnis dan entrepreneurship di era digital 4.0 adalah dimaksudkan supaya universitas sebagai civitas atau sebuah lembaga yang nantinya menerbitkan atau menghasilkan calon – calon pemimpin bangsa harus terus berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi.

    “Dalam hal ini universitas dan masyarakat serta lembaga – lembaga lain harus bersinergi dalam menciptakan para wirausahawan yang nantinya wirausahawan ini akan menjadi guru atau penopang kemajuan bangsa di bidang ekonomi,” ungkapnya. Kemudian sekarang era 2000-an ini kita memasuki era industri 4.0.

    Masih kata Aang, era ini merupakan gabungan antara teknologi yang menghubungkan manusia, mesin, dan informasi. Maka disebut era digital 4.0 karena era industri ini sarat dengan cyber.

    “Dengan adanya digital, maka kemudian kita sebut era digital 4.0,” ucapnya.

    Pada era ini, kata dia, wirausahawan yang harus bisa menyesuaikan dengan zamannya.

    “Sehingga bisa mencapai persaingan atau memenangkan persaingan baik nasional dan internasional harus menyiapkan diri dengan zamannya dengan tentunya menguasai interneting dan big data,” imbuhnya.

    ertindak selaku pemateri pada seminar ini adalah praktisi bisnis  Indra Uno, (Ketua Yayasan Mien R Uno dan komisaris di beberapa perusahaan milik keluarga Uno) dan Dr. Ir. Abdul Basith, Msc. (Motivator dan Trainner pengembangan diri) dan Bapak Achsin Prasetyo, ATD., M.Eng. Sc (Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor), mewakili Walikota Bogor. Disisela-sela seminar, dilakukan juga penandatanganan MoU antara Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor dengan OK OCE.