Siapkan petani-petani milenial, Prodi RPB UIKA Kembangkan Kurikulium Aplikatif

Info Fakultas

    • 1369 Lihat

    Ketua Program Studi Rekayasa Pertanian dan Biosistem (RPB) Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, menjelaskan dalam paparannya bahwa Program Studi RPB merupakan program studi yang mempelajari interdisiplin ilmu, mulai dari ilmu ke teknikan dan ilmu hayati untuk diintegrasikan ke bidang pertanian agar menjadi petani milenial, hal ini disampaikan Dr. Tika Hafzara Siregar, S.T.P., M.Si., pada UIKA Talks Edisi 5 yang disiarkan melalui kanal youtube UIKA TV, Selasa (23/08/2022).   


    Program studi sejenis RPB sebetulnya sejak tahun 1980-an sudah ada, namun saat itu masih memiliki nama Mekanisasi Pertanian. Seiring perkembangan teknologi, pada tahun 2000-an berubah menjadi Teknik Pertanian dan Keteknikan Pertanian. Selanjutnya pada tahun 2010-an sampai dengan sekarang diberi nama Teknik Pertanian dan Biosistem.


    Akan tetapi menurtutnya, Prodi ini di UIKA Bogor diberi nama Rekayasa Pertanian dan Biosistem, dengan alasan mengikuti perkembangan teknologi internet dan robotik. Dapat dikatakan rekayasa lebih kepada aplikasinya, sebab di UIKA Bogor memiliki 5 bidang fokus utama yang lebih aplikatif yakni Pertanian Perkotaan, Teknik Mesin Otomasi Pertanian, Pertanian Presisi, Informatika Pertanian serta Penyimpanan dan Pengolahan Pasca Panen.


    Dikatakannya bahwa dalam Program Studi RPB lebih kepada praktisnya dan aplikatifnya agar mahasiswa nantinya dapat menjalankan pertanian modern yang mengaplikasikan teknologi dalam setiap pelaksanaan di bidang pertanian. Menurut perempuan berdarah Medan ini, Indonesia diketahui sudah menjadi salah satu tempat investasi dari negara maju di bidang pertanian, contohnya ada perusahaan asal Singapura yang memiliki tempat perikanan di Bandung dikarenakan negara mereka kekurangan lahan. Bidang pertanian sendiri merupakan salah satu sektor ekonomi yang tidak ada habisnya.


    Untuk lulusan Program Studi RPB ini nantinya mahasiswa dapat bergelut di bidang manufaktur mesin pertanian, wirausaha pertanian, manajer bidang pertanian dan perkebunan serta menjadi peneliti dan professional pemerintahan di bidang pertanian.


    Dr. Tika Hafzara Siregar, S.T.P., M.Si. mengajak masyarakat dan calon mahasiswa untuk bergabung pada Program Studi RPB karena banyak ilmu yang bermanfaat serta dapat menjadi lulusan yang berpotensi dalam mengisi peluang-peluang di bidang pertanian masa kini dan masa yang akan datang. (Humas/Jco)