Sinergi Teknik Sipil UIKA Bogor dengan Bappeda dan DLHK Kabupaten Tangerang untuk Menghijaukan Pesisir Tanjung Kait.

Info Kampus

    • 568 Lihat

    Program Studi Teknik Sipil Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Tangerang mengadakan kegiatan penanaman mangrove di kawasan pesisir Tanjung Kait sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat (PKM).

    Kegiatan ini melibatkan dosen dan mahasiswa Teknik Sipil UIKA Bogor, bersama dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Teknik Sipil UIKA Bogor, serta perwakilan dari Bappeda dan DLHK Kabupaten Tangerang.

    Penanaman mangrove dilakukan sebagai penerapan konsep nature-based solution atau solusi berbasis alam untuk mengatasi masalah abrasi pantai akibat gelombang dan arus pasang surut. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung pelestarian lingkungan dan menjaga ekosistem pesisir.

    Wakil Rektor Bidang Kerja sama dan Inovasi, Dr. Ir. Budi Susetyo,M.Sc. IT, mewakili Pimpinan UIKA Bogor memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada perwakilan Pemda Kabupaten Tangerang, sekaligus menjajaki kerjasama di masa yang akan datang.

    Selain penanaman mangrove, UIKA diberi kehormatan untuk melakukan pelepasan belangkas, sejenis hewan Arthropoda yang menjadi indikator kesehatan lingkungan pesisir. Kehadiran belangkas di perairan Tanjung Kait menunjukkan bahwa kawasan tersebut memiliki ekosistem yang sehat.

    Turut hadir, Sekretaris Bappeda Kabupaten Tangerang, Erwin Mawandy, S.T., M.Si., Kabid. PSLB3 dan Kabid. Konservasi SDA dan Pertamanan DLHK Kabupaten Tangerang, Dr. Agustin Hari Mahardika, S.Pi., M.Si, dan Saiful Azis, S.T., M.T. (Humas/Shd)