thumb

Sebagai bentuk dukungan terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)  Universitas Ibn Khaldun Bogor menyelenggarakan kegiatan Sosialiasi MBKM serta pendampingan pengisian survey dampak MBKM untuk dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan secara daring melalui Zoom Meeting , 16-19/12/2021.

Kegiatan ini bertujuan agar dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan dilingkungan UIKA Bogor mengetahui berbagai kebijakan terkait MBKM dan mempu mengisi survey Dampak MBKM sebagai bagian dari penelitian P2M yang di dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UIKA Bogor.

Bertindak selaku pemateri  Dr. Azis Firdaus, S.E., MM.  menjelaskan terkait kebijakan MBKM yang digulirkan pemerintah kepada dosen dilingkungan UIKA Bogor, sementara   Yuggo Afrianto, S.T., M.Kom., ditujuk untuk melakukan sosialisasi program MBKM kepada seluruh mahasiswa UIKA Bogor.

Dalam paparanya, Azis Firdaus menuturkan, Dalam rangka meningkatkan kualitas dan relevansi lulusan program sarjana, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menetapkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada tahun 2020 melalui Surat Keputusan Nomor 754/P/2020 tanggal 5 Agustus 2020.

Sasaran yang akan dicapai dari program MBKM menurut dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIKA ini diantaranya dapat meningkatkan kualitas dan relevansi antara bidang keilmuan lulusan sarjana dengan dunia usaha dan dunia industri melalui peningkatan kualitas dosen, kualitas kurikulum dan metode pembelajaran. 

Menurutnya, Kebijakan ini memberikan fleksibilitas atau otonomi kepada lembaga pendidikan tinggi, dosen merdeka dari birokrasi yang berbelit, dan mahasiswa merdeka dalam memilih bidang yang sesuai passion, potensi dan bakat mereka.

Sementara Yuggo menuturkan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan oleh dosen dan mahasiswa diantaranya, Praktik kerja/magang, kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di desa, praktik mengajar di sekolah,  Pertukaran mahasiswa, Penelitian,  Kewirausahaan, Studi atau proyek independen, Berbagai program kemanusiaan.

Diakhir agenda para peserta mendapatkan pendampingan pengisian survey Dampak MBKM sebagai bagian dari Pelaksanaan Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian Perguruan Tinggi Swasta (PTS)  Ditjen Diktiristek Tahun 2021. 


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor